Santoso, Dio Putra (2019) STUDI DEMAND BUS SARANA ANGKUTAN UMUM MASSAL (SAUM) KOTA BALIKPAPAN RUTE TERMINAL BATU AMPAR-BANDARA SAMS SEPINGGAN. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
|
Text
07141003_cover.pdf Download (664kB) | Preview |
|
|
Text
07141003_abstract_id.pdf Download (917kB) | Preview |
|
Text
07141003_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
07141003_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
07141003_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Kota Balikpapan merupakan kota terbesar ke-2 di Propinsi Kalimantan Timur yang merupakan gerbang akses dari dan menuju kabupaten atau kota di propinsi kalimantan timur dengan daerah lain di luar propinsi. Sebagai kota transit, Kota Balikpapan menyediakan fasilitas jasa untuk menunjang pergerakan manusia di dalam kota maupun antar kota. Hal tersebut mengharuskan Pemerintah Kota Balikpapan untuk menyediakan sarana transportasi umum masa depan yang efektif dan efisien sesuai dengan perkembangan kota sebagai solusi atas pertumbuhan kendaraan yang melebihi pertumbuhan kapasitas jalan. Peluncuran Bus Sarana Angkutan Umum Massal (SAUM) Kota Balikpapan merupakan salah satu kebijakan pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pada perkembangannya, Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Perhubungan Kota Balikpapan merencanakan pembukaan rute baru Terminal Batu Ampar-Bandara SAMS Sepinggan. Hal ini dilakukan sebagai langkah pemerintah memudahkan penumpang pesawat udara yang melalui Bandara SAMS Sepinggan dan Terminal Batu Ampar menuju kota lain maupun sebaliknya dan pembukaan rute Bandara SAMS Sepinggan-Terminal Batu Ampar menjadi solusi atas kemacetan yang terjadi sepanjang jalur Bandara SAMS Sepinggan-KM 5 Soekarno Hatta Balikpapan. Dengan demikian, untuk mendapatkan hasil perencanaan yang tepat maka dibutuhkan data-data yaitu data primer berupa matriks asal tujuan kendaraan yang didapatkan dengan survey asal tujuan kendaraan dan data sekunder berupa peta rute bus sebagai acuan perlintasan bus SAUM serta spesifikasi bus SAUM Balikpapan. Metode yang digunakan dalam mendapatkan data primer berupa matriks asal tujuan dengan iv menggunakan survey asal tujuan dimana dilakukan pencatatan plat nomor kendaraan pada masing-masing simpang yang dilewati oleh rute rencana Bus SAUM sehingga didapatkan jumlah perpindahan tiap ruas. Data sekunder pada penelitian ini diperoleh dari instansi terkait yaitu Dinas Perhubungan Kota Balikpapan. Dilakukan analisis pada penelitian yaitu pembebanan tiap ruas jalur sepanjang rute, prosentase perpindahan pengguna kendaraan dari pengguna kendaraan pribadi berpindah ke angkutan umum massal dengan angka perpindahan antara 5% hingga 25% dengan kelipatan 5%. Dengan hasil perpindahan diberikan simulasi headway atau waktu antar moda 5 menit 10 menit dan 15 menit pada pilihan jenis bus 44 penumpang maka didapatkan load factor kendaraan bus. Dari penelitian didapatkan load factor rata-rata pada jalur Terminal Batu Ampar- Bandara SAMS Sepinggan sebesar 43% dan jalur Bandara SAMS Sepinggan-Terminal Batu Ampar sebesar 34% dengan headway rata-rata 15 menit. Demand terbesar pada jalur sepanjang rute Terminal Batu Ampar-Bandara SAMS Sepinggan yaitu jalur RSUDWIKA dengan 31 penumpang tiap 15 menit dan Load factor sebesar 71% pada bus dan demand terbesar pada jalur sepanjang rute Bandara SAMS Sepinggan-Terminal Batu Ampar yaitu jalur RSUD-Simpang KM 4 dengan 26 penumpang tiap 15 menit dan Load factor sebesar 59%. Data tersebut dapat menjadi acuan pada stakeholder terkait implementasi pembukaan rute Terminal Batu Ampar-Bandara SAMS Sepinggan
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Perencanaan Wilayah dan Kota |
Depositing User: | Admin Perpustakaan ITK |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 02:30 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 07:45 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/141 |
Actions (login required)
View Item |