Praditya, Iqbal Noverio (2019) MODIFIKASI PERENCANAAN GEDUNG PARKIR KLANDASAN MENGGUNAKAN METODE FLAT SLAB DENGAN DROP PANEL DAN SHEAR WALL. Other thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
|
Text
01. 07141004_cover.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
06. 07141004_abstract_id.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
11. 07141004_chapter_1.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
12. 07141004_chapter_2.pdf Download (69MB) | Preview |
|
|
Text
13. 07141004_chapter_3.pdf Download (11MB) | Preview |
|
|
Text
14. 07141004_chapter_4.pdf Download (185MB) | Preview |
Abstract
Gedung Parkir Klandasan (GPK) adalah gedung parkir 8 lantai yang dibangun di Balikpapan yang mempunyai fungsi sebagai bangunan tempat parkir kendaraan di Kota Balikpapan GPK menggunakan sistem struktur konvensional yang terdiri dari elemen kolom, balok, dan pelat dimana balok memiliki dimensi sebesar 800 mm. Untuk memaksimalkan tinggi bebas bangunan, maka direncanakan sistem alternatif struktur untuk menghilangkan balok dengan menggunakan sistem flat slabs. Modifikasi Perencanaan yang dilakukan adalah dengan mengganti sistem struktur konvensional menjadi Sistem Ganda yang terdiri dari Sistem Rangka Pemikul Momen Menengah (SRPMM) yaitu flat slab dengan drop panel untuk menahan beban gravitasi pada gedung, serta Sistem Dinding Struktural (SDS) yaitu shear wall untuk menahan beban lateral gempa dan angin yang terjadi pada gedung. Perencanaan struktur mengacu pada SNI 03-2847-2013 tentang Struktur Bangunan Beton, SNI 03-1729-2015 tentang Struktur Bangunan Baja, Peraturan Pembebanan Indonesia untuk Gedung (PPURG 1987), dan SNI 03- 1726-2012 tentang Gempa. Selanjutnya dengan permodelan 3 (tiga) dimensi, didapatkan geometri struktur semula memiliki 8 lantai menjadi 9 lantai dan direncanakan tahan terhadap gaya gravitasi dan gaya lateral. Hasil analisis struktur dalam merespons gempa memenuhi persyaratan dimana gaya geser analisis dinamis, yaitu melebihi 85% gaya geser analisis gempa statis ekivalen dengan mass participating ratio bangunan sebesar 91,8% pada arah X dan 92% pada arah Y. Selain itu, gedung memenuhi syarat drift maksimum. Hasil modifikasi struktur atas terdiri dari struktur atap dan struktur gedung beton bertulang. Struktur atap menggunakan rangka space frame dengan profil hollow DN32, DN40, DN50, dan DN65 sebagai batang-batang rangka yang disambung dengan sistem sambungan mero dan baseplate pada pertemuan sambungan atap dan kolom beton bertulang. Sedangkan hasil modifikasi struktur gedung beton bertulang adalah didapatkan tebal pelat 250 mm, tebal drop panel 100 mm dengan lebar 1500 mm dari titik pusat kolom ke arah X dan Y dan dinding geser yang direncanakan dengan ketebalan 350 mm dengan menggunakan komponen batas. Struktur atap dan gedung ditahan oleh struktur bawah berupa sloof dan pondasi tiang pancang kelompok dengan diameter 600 mm, 800 mm, dan 1000 mm.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Depositing User: | Admin Perpustakaan ITK |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 06:10 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 06:10 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/144 |
Actions (login required)
View Item |