ANALISA PERBANDINGAN HAMBATAN KAPAL KATAMARAN FLAT SIDE OUTSIDE DENGAN VARIASI JENIS LAMBUNG ROUND (U), SHAPE HULL (V) DAN HARDCHINE MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS”

Fadlian, Muhammad (2019) ANALISA PERBANDINGAN HAMBATAN KAPAL KATAMARAN FLAT SIDE OUTSIDE DENGAN VARIASI JENIS LAMBUNG ROUND (U), SHAPE HULL (V) DAN HARDCHINE MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS”. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
09151024_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09151024_abstract_id.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
09151024_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
09151024_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian melakukan Analisa hambatan total pada variasi jenis lambung Shape (V), Hardchine, dan Round (U) untuk mendapatkan perbedaan hambatan yang terjadi di masing-masing variasi jenis lambung. Perbandingan variasi jenis lambung Shape (V), Hardchine dan Round (U) pada katamaran flat side outside dengan acuan displacement tetap dan jarak demihull yang sama, sangat mempengaruhi adanya perbedaan hambatan pada masing-masing variasi jenis lambung. Analisa hambatan menggunakan metode Computatuional Fluid Dynamics (CFD) dengan kondisi Steady state dan tingkat batas convergence 10-4 simulasi dilakukan dengan variasi kecepatan jenis lambung Shape (V), Hardchine dan Round (U) Fr = 0.29, 0.34, 0.39, 0.44, 0.49. Hasil menunjukkan bahwa selisih terbesar hambatan terjadi dari ketiga variasi jenis lambung terjadi pada Froude number 0.39. Yang menampilkan hasil hambatan pada jenis lambung Hardchine sebesar 189.80 kN, lebih kecil dibandingkan dengan hambatan pada jenis lambung Shape (V) sebesar 260.01 kNdan Round (U) sebesar 226.67 kN. Perbedaan hambatan juga dapat dilihat pada kontur CFD yang menampilkan kecepatan aliran diantara kedua lambung katamaran, terlihat untuk katamaran flat side outside variasi jenis lambung Hardchine relative lebih kecil dibandingkan dengan jenis lambung Shape (V) dan Round (U). dari hasil simulasi didapat kesimpulan bahwa katamaran flat side outside variasi jenis lambung Hardchine memiliki nilai hambatan lebih rendah dibanding katamaran flat side outside variasi jenis lambung Shape (V) dan Round (U).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 31 Oct 2019 07:59
Last Modified: 07 Sep 2021 03:21
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/157

Actions (login required)

View Item View Item