TINJAUAN PENGARUH SUDUT SKEG TERHADAP TEKANAN DAN ALIRAN AIR DI AREA SKEG SERTA PENGARUHNYA TERHADAP HAMBATAN PADA KAPAL TONGKANG MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS – OPENFOAM

Prasetyo, Muhammad Budi (2019) TINJAUAN PENGARUH SUDUT SKEG TERHADAP TEKANAN DAN ALIRAN AIR DI AREA SKEG SERTA PENGARUHNYA TERHADAP HAMBATAN PADA KAPAL TONGKANG MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS – OPENFOAM. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
09151023_cover.pdf

Download (645kB)
[img]
Preview
Text
09151023_abstract_id.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
09151023_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
09151023_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[img] Text
09151023_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
09151023_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)

Abstract

Di Indonesia, proses pengiriman batubara dengan kapal tongkang banyak dijumpai karena kemudahan aksesnya dimana kapal tongkang memiliki sarat air (draft) yang lebih kecil dibandingkan dengan kapal lain. Skeg pada kapal tongkang merupakan bentuk modifikasi pada area belakang kapal untuk mempermudah aliran fluida mengalir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sudut skeg pada kapal tongkang terhadap fenomena tekanan dan aliran air disekitar skeg serta pengaruhnya terhadap hambatan kapal tongkang menggunakan metode CFD – OpenFOAM dengan variasi kapal tongkang tanpa skeg, skeg dengan sudut 180o , serta skeg dengan sudut 150o . Dari analisa yang dilakukan, diperoleh nilai dari tekanan dan kecepatan aliran pada skeg dengan sudut 150o sebesar 20606,4 N/m2 dan 3,36 m/s lebih besar dari skeg dengan sudut 180o yaitu 23015,3 N/m2 dan 2,73 m/s serta barge tanpa skeg yaitu 23892,2 N/m2 dan 2,15 m/s. Serta didapat nilai hambatan total yang paling kecil pada kecepatan 7 knot adalah pada barge tanpa skeg. Kemudian pada sudut skeg 180o mengalami kenaikan hambatan sebesar 5,46 % dan pada sudut skeg 150o mengalami kenaikan hambatan sebesar 52,09 %.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 04 Nov 2019 06:05
Last Modified: 07 Sep 2021 03:27
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item View Item