Wulandari, Genduk Yenti (2019) SKENARIO PENATAAN PARKIR OFF STREET DI JALAN AHMAD YANI KOTA BALIKPAPAN. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
|
Text
08151014_cover.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
08151014_abstract_id.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
08151014_cover.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
08151014_chapter_1.pdf Download (833kB) | Preview |
|
Text
08151014_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
|
Text
08151014_chapter_3.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
08151014_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Jalan Ahmad Yani Kota Balikpapan merupakan salah satu jalan dengan fungsi arteri sekunder dan banyak kendaraan parkir di badan jalan yang mendominasi di jalan tersebut. Berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah, jalan Ahmad Yani berada di kawasan perdagangan jasa dan perkantoran swasta dan memiliki sistem parkir off street. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan skenario penataan parkir off street di koridor Jalan Ahmad Yani. Pembahasan penelitian terdiri dari analisis karakteristik parkir, analisis kebutuhan parkir dan ketersediaan parkir dan merumuskan skenario penataan parkir off street. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dimana setiap hasil analisis berupa angka akan diinterpretasikan secara deskriptif. Proses pengambilan data dilakukan dengan metode survey pengamatan parkir pada hari kerja dan hari libur dengan durasi survey selama 11 jam. Adapun hasil dari analisis karakteristik parkir adalah volume parkir mobil terbesar berada di segmen 1 dengan 537 kendaraan dan volume parkir motor terbesar berada di segmen 4 sebanyak 372 kendaraan. Rata-rata durasi parkir kendaraan mencapai 1 jam. Tingkat pergantian parkir tertinggi terjadi pada hari kerja di segmen 3 dengan nilai 0,50 kend/petak/jam. Indeks parkir tertinggi terdapat di segmen 3 dengan nilai 0,81 kend/srp, angka ini mendekati 1 yang artinya fasilitas parkir tidak bermasalah namun perlu dilakukan penataan agar tidak terjadi permasalahan parkir. Kebutuhan parkir tertinggi terdapat di segmen 4 yaitu 68 SRP dan hasil ketersediaan parkir menunjukkan bahwa jenis kegiatan di masing-masing segmen masih bisa menampung kebutuhan parkir. Skenario 1 yang digunakan dalam penelitian ini yaitu memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan parkir terpusat, skenario ini bisa diterapkan di segmen 1, 2 dan 3 sedangkan skenario 2 adalah memanfaatkan ruang parkir yang telah tersedia, bisa diterapkan disemua segmen jalan karena jumlah ketersediaan ruang parkir lebih besar. Skenario 3 merupakan gabungan dari skenario 1 dan 2 dan dapat diterapkan di segmen 1 dan 3. Dengan adanya skenario ini diharapkan dapat mengurangi kendaraan yang parkir di badan jalan dan meningkatkan tingkat pelayanan jalan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
Divisions: | Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Perencanaan Wilayah dan Kota |
Depositing User: | Admin Perpustakaan ITK |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 06:04 |
Last Modified: | 07 Dec 2021 00:45 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/172 |
Actions (login required)
View Item |