Pengembangan E-Learning Berbasis Gamification Untuk Meningkatkan Motivasi Mahasiswa di Institut Teknologi Kalimantan

Sadriansyah, Sadriansyah (2021) Pengembangan E-Learning Berbasis Gamification Untuk Meningkatkan Motivasi Mahasiswa di Institut Teknologi Kalimantan. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
10171069_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text
10171069_abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text
10171069_approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
10171069_bibliography.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10171069_chapter_1.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10171069_chapter_2.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
10171069_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text
10171069_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10171069_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
10171069_cover.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
10171069_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10171069_form.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text
10171069_llustrations.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text
10171069_paper.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text
10171069_preface.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text
10171069_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10171069_publishing_agreement.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text
10171069_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text
10171069_tables.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text
10171069_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB) | Request a copy

Abstract

E-Learning adalah salah satu metode belajar secara elektronik yang memungkinkan proses belajar-mengajar dapat dijalankan melalui media internet sehingga cukup banyak dimanfaatkan oleh dunia pendidikan. Walaupun banyak dimanfaatkan dalam dunia pendidikan ternyata E-Learning juga memiliki permasalahan yakni dalam kategori tingkat kepuasan dan minat pengguna. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan pada mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan terkait kepuasan dalam menggunakan E-Learning yang digunakan di Institut Teknologi Kalimantan hanya sebanyak 41,9% mahasiswa di Institut Teknologi Kalimantan yang menyatakan puas terhadap media pembelajaran tersebut, sedangkan lebih dari 50% nya menyatakan bahwa mahasiswa di Institut Teknologi Kalimantan tidak menunjukkan minat yang signifikan terhadap E-Learning yang ada. Dari permasalahan yang dijabarkan, terdapat beberapa opsi untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya yaitu dengan menerapkan metode gamification. Gamification adalah penerapan elemen game kedalam aplikasi untuk meningkatkan motivasi, minat serta keterlibatan pelajar dalam mengakses dan menggunakan aplikasi. Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis mengusulkan untuk membuat E-Learning dengan menerapkan elemen gamification didalamnya. Sistem dibangun dengan menggunakan framework Laravel sebagai kerangka dari sistem dan metode pembangunan yaitu Personal Extreme Programming. Kemudian dilanjutkan dengan analisis hasil motivasi dari elemen gamification terhadap nilai rata-rata tugas mahasiswa pada kelas dengan metode regresi linier berganda. Penelitian ini telah menyelesaikan 46 user story yang dikerjakan dalam 4 iterasi dan hasil analisisnya menyatakan bahwa elemen gamification yang diuji (level, leaderboard, points, dan reward ) memiliki pengaruh secara simultan terhadap nilai rata-rata tugas sebesar 99,3% pada kelas Rekayasa Perangkat Lunak A, 95,7% pada kelas Manajemen Layanan Teknologi Informasi A dan 99,1% pada kelas Sistem Cerdas Pendukung Keputusan A.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: Sadri Sadriansyah Sadriansyah
Date Deposited: 02 Aug 2021 03:56
Last Modified: 02 Aug 2021 03:56
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/17353

Actions (login required)

View Item View Item