Perancangan Dan Analisis Chassis Ladder Frame Kendaraan Listrik Enggang EVO 4.1 Kategori Prototype Untuk Shell Eco Marathon Dengan Simulasi Finite Element Analysis (FEA)

Dzulfikar Muhammad Hizbullah, Dzulfikar (2021) Perancangan Dan Analisis Chassis Ladder Frame Kendaraan Listrik Enggang EVO 4.1 Kategori Prototype Untuk Shell Eco Marathon Dengan Simulasi Finite Element Analysis (FEA). Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
03171022_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text
03171022_abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text
03171022_approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
03171022_bibliography.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03171022_chapter_1.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03171022_chapter_2.pdf

Download (987kB) | Preview
[img] Text
03171022_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
03171022_chapter_4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
03171022_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
03171022_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
03171022_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
03171022_form020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB) | Request a copy
[img] Text
03171022_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
03171022_notations.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text
03171022_paper.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
03171022_preface.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
03171022_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
03171022_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
03171022_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text
03171022_tables.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan inovasi di bidang otomotif bertujuan meningkatkan efisiensi kendaraan dengan pertimbangan unsur keamanan yang sangat baik. Industri otomotif harus mempertimbangkan keamanan pengemudi dalam membuat chassis. Kompetisi tingkat internasional adalah Shell Eco-Marathon (SEM) yang bertujuan membuat kendaraan khusus yang bisa melakukan efisiensi bahan bakar sebesar-besarnya. Perancangan chassis untuk mendapatkan hasil yang optimal, maka perlu dilakukan analisis menggunakan perangkat lunak dengan simulasi Finite element analysis (FEA). Pada penelitian ini bertujuan merancang chassis Sesuai dengan Regulasi SEM 2021, menganalisis pengaruh variasi material terhadap tegangan, faktor keamanan, dan kekakuan torsional pada chassis kendaraan prototype listrik Enggang Evo 4.1. Pada Pengujian penelitian ini menggunakan simulasi Finite element analysis (FEA). Setelah perancangan chassis dinyatakan aman dan memenuhi regulasi SEM 2021 dalam melakukan pengujian pembebanan vertikal, torsional, roll bar arah vertikal, roll bar arah horizantal dan roll bar arah perpendicular. Hasil simulasi didapatkan nilai berupa tegangan, defleksi maksimal, dan faktor keaman terkecil dari seluruh pengujian setiap material. Pada material Aluminum alloy 6061-T6 didapatkan nilai 145,79 N/mm2, 32,73 mm, dan 1,88, material AISI 4130 dengan nilai sebesar 145,79 N/mm2, 10,75 mm, dan 3,15, sedangkan untuk meterial ASTM A36 dengan nilai sebesar 146,17 N/mm2, 10,90 mm dan 1,71. Nilai kekakuan torsional pada ketiga jenis material Aluminum Alloy 6061-T6, AISI 4130, dan ASTM A36 sebesar 95,50 Nm/degree, 303,06 Nm/degree, dan 289,64 Nm/degree. Nilai tegangan maksimal dari hasil pengujian masih dibawah nilai tegangan luluh dari material, faktor keamanan dari seluruh pengujian memiliki nilai diatas batas faktor keamanan suatu perancangan. Sehingga perancangan chassis prototype kendaraan listrik Enggang EVO 4.1 menggunakan material Aluminum Alloy 6061-T6.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin
Depositing User: Users 652 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2021 03:57
Last Modified: 02 Aug 2021 03:57
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/17372

Actions (login required)

View Item View Item