Analisis Perbandingan Performa Desain Kapal Angkut Ikan 300 GT dengan Menggunakan Variasi Bentuk Lambung Konvensional dan Pelat Datar

Maydiningrum, Amrina Rosyada (2021) Analisis Perbandingan Performa Desain Kapal Angkut Ikan 300 GT dengan Menggunakan Variasi Bentuk Lambung Konvensional dan Pelat Datar. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
09171012_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text
09171012_abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text
09171012_approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
09171012_bibliography.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171012_chapter_1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171012_chapter_2.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
09171012_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text
09171012_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
09171012_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
09171012_cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text
09171012_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text
09171012_form.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text
09171012_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text
09171012_notations.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text
09171012_paper.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text
09171012_preface.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text
09171012_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
09171012_publishing_agreement.pdf

Download (81kB) | Preview
[img] Text
09171012_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text
09171012_tables.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text
09171012_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB) | Request a copy

Abstract

Kapal ikan tradisional di Indonesia memiliki beragam bentuk lambung kapal sesuai dengan perairan daerah tersebut. Pembangunan kapal ikan tradisional dilakukan dengan acuan turun temurun menggunakan metode Hand Lay-Up. Di Era perkembangan teknologi, adanya inovasi dalam desain dan pembangunan kapal dengan bentuk lambung pelat datar menjadikan ini sebagai solusi dari segi efesiensi dan produktivitas kapal ±40% dibandingkan dengan pembangunan kapal ikan tradisional yang memiliki bentuk lambung konvensional. Selain sebagai solusi dari segi produksi, dalam teknis pembuatan desain lambung kapal ini memiliki pengaruh dari segi performa kapal. Maka dari itu perlu dilakukan analisis performa kapal untuk mengetahui pengaruh performa kapal terhadap perubahan bentuk lambung kapal. Pada penelitian ini, penulis mencoba untuk membuat variasi bentuk lambung kapal pelat datar yang mengacu pada kapal angkut ikan 300 GT sebagai desain aslinya. Kemudian akan dibandingkan nilai performa kapal yang meliputi stabilitas, hambatan, dan olah gerak kapal serta kapasitas ruang muat. Untuk perhitungan analisis hambatan kapal menggunakan Maxsurf Resistance Software dengan metode Holtrop. Dari hasil perbandingan analisis hambatan kapal mengalami penurunan setelah dimodifikasi yakni 42,6 kN menjadi 34,9 kN pada kecepatan dinas 9 knot. Untuk perhitungan analisis stabilitas kapal menggunakan Maxsurf Stability Software yang sesuai ketentuan IMO code on Intact stability A.749 (18), Ch 3-design criteria applicable to all ships. Dari hasil analisis stabilitas kapal pada di tiap kondisi secara keseluruhan sudah memenuhi kriteria dan untuk perbandingan nilai maximum GZ mengalami perubahan dari 0,423 m menjadi 0,627 m pada kondisi full draft. Sedangkan dengan perhitungan analisis olah gerak kapal menggunakan Maxsurf Motion Software untuk memperhatikan respon gerak heaving, rolling, dan pitching kapal pada saat kondisi kapal muatan penuh. Dari hasil perbandingan analisis olah gerak kapal pada ketinggian gelombang 1,875 m dan periode 8,8 s didapatkan nilai perbandingan RMS Roll paling tinggi terdapat pada sudut 45 deg yaitu 5,88 deg menjadi 5,47 deg, sedangkan nilai perbandingan RMS Pitch paling besar terdapat pada sudut 90 deg yaitu 1,73 deg menjadi 1,7 deg. Untuk hasil perbandingan kapasitas ruang muat tidak terjadi perubahan. Kata kunci : Kapal Ikan, Stabilitas, Hambatan, Dan Olah Gerak

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan
Depositing User: Amrina Rosyada Maydiningrum
Date Deposited: 02 Aug 2021 06:10
Last Modified: 02 Aug 2021 06:10
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/17389

Actions (login required)

View Item View Item