ANALISIS KEKUATAN DENGAN VARIASI KONSTRUKSI TRANSVERSE WATERTIGHT BULKHEAD PADA KAPAL CONTAINER 8842 DWT DENGAN METODE ELEMEN HINGGA

Ciptiandi, Aknul (2021) ANALISIS KEKUATAN DENGAN VARIASI KONSTRUKSI TRANSVERSE WATERTIGHT BULKHEAD PADA KAPAL CONTAINER 8842 DWT DENGAN METODE ELEMEN HINGGA. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
09171008_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text
09171008_abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text
09171008_approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
09171008_bibliography.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171008_chapter_1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171008_chapter_2.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
09171008_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
09171008_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
09171008_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
09171008_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text
09171008_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text
09171008_form.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text
09171008_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
09171008_notations.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text
09171008_paper.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
09171008_preface.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text
09171008_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
09171008_publishing_agreement.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text
09171008_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
09171008_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text
09171008_tables.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy

Abstract

Kapal container atau biasa disebut kapal peti kemas merupakan jenis kapal yang sering digunakan diberbagai negara terutama negara kepulauan seperti Indonesia. Dalam konstruksi kapal sekat kedap air melintang (transverse watertight bulkhead) merupakan konstruksi yang cukup perlu diperhatikan karena mempunyai fungsi sebagai pembatas kompartemen ketika kapal mengalami kebocoran dan juga sebagai kekuatan melintang kapal. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah konstruski transverse watertight bulkhead dengan berbagai variasi konstruksi dapat menahan beban yang bekerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode elemen hingga (finite element method). Pada penelitian ini menggunakan 5 variasi konstruksi transverse watertight bulkhead. Hasil penelitian ini yaitu pada corrugated watertight bulkhead nilai tegangan maksimum sebesar 252,44 MPa dan nilai maximum deformation sebesar 7,6433 mm, pada transverse plane watertight bulkhead dengan “angle stiffener” nilai tegangan maksimum sebesar 330,71 MPa dan nilai maximum deformation sebesar 12,072 mm, pada transverse plane watertight bulkhead dengan “Tee stiffener” nilai tegangan maksimum sebesar 301,56 MPa dan nilai maximum deformation sebesar 11,025 mm, pada transverse plane watertight bulkhead dengan “bulp stiffener” nilai tegangan maksimum sebesar 331,98 MPa dan nilai maximum deformation sebesar 13,421 mm, pada transverse plane watertight bulkhead dengan “flat stiffener” nilai tegangan maksimum sebesar 484,94 MPa dan nilai maximum deformation sebesar 16,13 mm. Sehingga konstruksi corrugated watertight bulkhead, transverse plane watertight bulkhead dengan “Angle stiffener”, transverse plane watertight bulkhead dengan “TEE stiffener”, dan transverse plane watertight bulkhead dengan “Bulp stiffener” dikategorikan aman menurut perhitungan safety factor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan
Depositing User: Aknul Ciptiandi
Date Deposited: 03 Aug 2021 12:39
Last Modified: 03 Aug 2021 12:39
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/17526

Actions (login required)

View Item View Item