Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Sebagai Alternatif Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas Pada Simpang Bersinyal Muara Rapak Kota Balikpapan

Budiono, Rifky (2021) Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Sebagai Alternatif Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas Pada Simpang Bersinyal Muara Rapak Kota Balikpapan. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
08171067_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
08171067_abstract_id.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
08171067_approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text
08171067_bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
08171067_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
08171067_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
08171067_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
08171067_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
08171067_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
08171067_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text
08171067_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
08171067_form.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
08171067_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
08171067_notations.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
08171067_paper.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
08171067_preface.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
08171067_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
08171067_publishing_agreement.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
08171067_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
08171067_tables.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
08171067_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mobilitas yang semakin tinggi berpengaruh terhadap permasalahan lalu lintas seperti penumpukan arus. Kemacetan disebabkan oleh beberapa hal seperti sistem pengaturan lalu lintas yang kurang baik seperti kondisi jaringan jalan yang buruk. Waktu siklus lampu lalu lintas yang berbeda-beda juga dapat menyebabkan terjadinya permasalahan lalu lintas berupa kemacetan. Selain itu simpang Muara Rapak merupakan daerah rawan macet karena kawasan tersebut merupakan kawasan perdagangan dan jasa serta terdapat badan jalan yang digunakan sebagai lahan parkir. Penelitian ini bertujuan untuk menentuk alternatif pemecahan masalah kemacetan yang terjadi di simpang Muara Rapak. Persimpangan ini merupakan titik persimpangan antara Jalan Klamono-Jalan Soekarno-Hatta-Jalan Ahmad Yani I-Jalan Ahmad Warukin II-Jalan Ahmad Yani II. Tahapan analisis pada penelitian ini yaitu identifikasi arus jenuh dan kinerja simpang Muara Rapak. Selanjutnya dilakukan analisis tingkat pelayanan dan penentuan alternatif pemecahan masalah kemacetan menggunakan metode eksperimental. Hasil penelitian menunjukkan arus jenuh tertinggi yaitu 4254 smp/jam. Kemudian pada analisis kinerja simpang didapatkan tingkat pelayanan yang ada pada simpang Muara Rapak berupa tingkat pelayanan F yang artinya kondisi kepadatan lalu lintas sangat tinggi dan terjadi kemacetan dengan durasi yang cukup lama. Setelah diketahui tingkat pelayanan, dilakukan penentuan skenario berdasarkan kriteria distribusi volume lalu lintas, perubahan geometrik jalan dan interpolasi lampu lalu lintas untuk menemukan kinerja simpang paling optimal. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa pemberlakuan satu arah pada jalan Ahmad Yani II, penutupan jalan pada jalan Klamono dan jalan Warukin II, pelebaran jalan dan interpolasi lampu hijau pada jalan Soekarno-Hatta jalan Ahmad Yani I dan jalan Ahmad Yani II merupakan skenario terbaik untuk mendapatkan tingkat pelayanan yang sesuai, yaitu dengan nilai tundaan sebesar 24,714 tergolong dalam tingkat pelayanan C yang artinya telah mengalami kondisi yang stabil

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: Users 609 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2021 03:06
Last Modified: 11 May 2023 07:28
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/17550

Actions (login required)

View Item View Item