Destanio, Andreas T. (2020) RANCANG BANGUN SISTEM VIRTUAL CLASSROOM BERBASIS VIRTUAL REALITY DENGAN METODE EDGAR DALE SEBAGAI ALTERNATIF OPTIMALISASI MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
|
Text
04151008__cover.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
04151008_abstract_id.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
04151008_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
04151008_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
04151008_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
04151008_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
04151038_bibliography.pdf Download (821kB) | Preview |
Abstract
Teknologi digital telah mempengaruhi segala aspek kehidupan salah satunya adalah aspek pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu inovasi dalam bidang pendidikan dengan menerapkan teori Edgar Dale “Dale’s Cone of Experience”. Penelitian ini berhasil menghasilkan suatu aplikasi yang menerapkan teknologi Virtual Reality, yang diberi nama Virtual Reality Classroom. Aplikasi telah diuji menggunakan Black Box Testing, dan tidak ditemukan eror atau crash saat aplikasi terpasang dan dijalankan pada 5 versi android yang berbeda. Analisis Usability telah dilakukan pada aplikasi Virtual Reality Classroom dengan menggunakan instrumen USE Questionnaire dan diperoleh persentase kelayakan aplikasi Virtual Reality Classroom yaitu sebesar 80,266 % dimana untuk kriteria usefulness sebesar 79,625 %, kriteria ease of use sebesar 78,909%, kriteria ease of Learning sebesar 81,75 %, dan untuk kriteria satisfaction sebesar 82,285 %.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Elektro |
Depositing User: | Admin Perpustakaan ITK |
Date Deposited: | 17 Mar 2020 06:11 |
Last Modified: | 07 Dec 2021 01:00 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/180 |
Actions (login required)
View Item |