Analisis Frekuensi, Durasi, dan Faktor Multitasking Terhadap Online Learning Pada Mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan - Submit Journal

Saputra, Ilham (2022) Analisis Frekuensi, Durasi, dan Faktor Multitasking Terhadap Online Learning Pada Mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan - Submit Journal. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
10181029_cover.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2024.

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text
10181029_abstract_en.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10181029_abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10181029_chapter_1.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10181029_chapter_2.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2024.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
10181029_chapter_3.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2024.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
10181029_chapter_4.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2024.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
10181029_conclusions.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10181029_bibliography.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10181029_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2024.

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
10181029_Formulir Publikasi Artikel Ilmiah Mandiri.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2024.

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Dalam rangka melaksanakan kegiatan pembelajaran di tengah pandemi COVID-19, institusi pendidikan di seluruh Indonesia, termasuk Institut Teknologi Kalimantan (ITK) beralih ke online learning. Ketika mahasiswa menghadiri online class, tidak mungkin untuk memantau apakah mereka memperhatikan online class atau melakukan sesuatu selain kegiatan belajar. Saat melaksanakan online class, mahasiswa mungkin dapat melakukan multitasking. Menurut survei pendahuluan, 98,9 persen mahasiswa ITK multitasking saat terlibat dalam online learning. Akibatnya, penelitian lebih mendalam dilakukan dengan menggunakan metode diary study. Metode diary study adalah jenis metode pencatatan laporan secara teratur. Dalam penelitian ini diperoleh 73 data dari 53 partisipan yang mengikuti masa periode pencatatan diary study. Frekuensi aktivitas multitasking yang dilakukan partisipan dalam penelitian ini yaitu dua hingga tiga aktivitas dalam satu sesi online learning. Durasi rata-rata multitasking yang dilakukan partisipan selama online learning adalah 30-50 menit. Hal ini disebabkan sejumlah faktor, yang diklasifikasikan sebagai internal dan eksternal. Faktor internal yaitu sulitnya mencari materi pembelajaran, banyaknya pertemuan kelas yang padat dengan durasi yang lama tanpa transisi yang panjang, merasa bosan karena kurang interaktif, dan tidak mengaktifkan kamera pada saat online learning. Physical workspace, keterkaitan sosial, dan platform online learning adalah contoh faktor eksternal. Rekomendasi berupa Teknik Pomodoro, Teknik Feynman, dan Strategi Pembelajaran Online Efektif diperoleh untuk mengurangi frekuensi, durasi, dan faktor multitasking mahasiswa ITK. Manfaat yang diperoleh yaitu meningkatkan proses online learning di ITK.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: Ilham Saputra
Date Deposited: 15 Jul 2022 08:19
Last Modified: 15 Jul 2022 08:19
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/18068

Actions (login required)

View Item View Item