Analisis Aerodinamika Bodi Mobil Listrik Hemat Energi Mighty Enggang EV Dengan Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics

Setyawan, Andrean Wahyu (2022) Analisis Aerodinamika Bodi Mobil Listrik Hemat Energi Mighty Enggang EV Dengan Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
03181008_cover.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
03181008_abstract_en.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
03181008_abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
03181008_chapter_1.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text
03181008_chapter_2.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
03181008_chapter_3.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
03181008_chapter_4.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (957kB) | Request a copy
[img] Text
03181008_conclusions.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
03181008_bibliography.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text
03181008_Lembar Persetujuan Publikasi Ilmiah (Form. TA-020).pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan konsumsi bahan bakar minyak setiap harinya menyebabkan cadangan minyak dunia semakin berkurang. Banyak negara yang mulai mengembangkan teknologi kendaraan dengan energi listrik tanpa terkecuali negara Indonesia. Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) dibuat oleh pemerintah Indonesia dengan harapan mahasiswa dapat berperan aktif dalam proses pengembangan kendaraan listrik yang hemat energi. Salah satu cara menghemat energi kendaraan adalah bodi mobil yang dibuat aerodinamis. Analisis aerodinamika bodi mobil hemat energi Mighty Enggang EV dilakukan dengan metode simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD) menggunakan variasi kecepatan kendaraan yaitu 20, 40, 60, 80, dan 100 km/jam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai Coefficient of drag (CD) dan coefficient of lift (CL) serta pola aliran udara yang ada di bodi mobil Mighty Enggang EV. Tahapan-tahapan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu studi literatur, simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD), pengambilan data hasil simulasi dan analisis data. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu nilai CD tertinggi sebesar 0.07197 pada kecepatan 20 km/jam, dan nilai CD terendah sebesar 0.05761 pada kecepatan 100 km/jam, dengan rata-rata nilai CD sebesar 0.06305. Lalu nilai CL terendah sebesar -0.05814 pada kecepatan 20 km/jam, dan nilai CL tertinggi sebesar -0.065108 pada kecepatan 100 km/jam, dengan rata-rata nilai CL sebesar -0.06254. Diketahui bahwa seiring bertambahnya kecepatan, maka nilai CD bodi mobil Mighty Enggang EV semakin menurun. Namun seiring bertambahnya kecepatan, nilai CL bodi mobil Mighty Enggang EV semakin tinggi. Dari visualisasi pola aliran udara berupa kontur tekanan, kontur kecepatan dan streamline kecepatan diketahui bahwa perubahan nilai drag force dan lift force dari bodi mobil Mighty Enggang EV dipengaruhi oleh perbedaan distribusi tekanan dan kecepatan di sekitar bodi mobil serta lokasi terjadinya separasi aliran udara.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin
Depositing User: Andrean Wahyu Setyawan
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:45
Last Modified: 18 Jul 2022 07:45
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/18134

Actions (login required)

View Item View Item