Desain Lambung Kapal Tipe Katamaran Sebagai Alternatif Kapal Patroli Di Perairan Natuna

Willy, Petrick (2022) Desain Lambung Kapal Tipe Katamaran Sebagai Alternatif Kapal Patroli Di Perairan Natuna. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
09181052_cover.pdf

Download (615kB)
[img] Text
09181052_abstract_en.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
09181052_abstract_id.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09181052_chapter_1.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
09181052_chapter_2.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
09181052_chapter_3.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
09181052_chapter_4.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
09181052_conclusions.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
09181052_bibliography.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
09181052_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
09181052_Lembar Persetujuan Publikasi Ilmiah (Form. TA-020).pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (42kB) | Request a copy

Abstract

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat di dunia kemaritiman Indonesia, berbagai macam jenis armada pertahanan telah diproduksi. Namun hingga saat ini masih menunjukan keadaan yang kurang signifikan dalam menjaga sektor potensi maritim. Kejadian saat ini menunjukan bahwa pemanfaatan potensi ini masih banyak dilakukan oleh kapal kapal ikan asing secara ilegal dan perompak-perompak yang selalu meresahkan kapal kapal di perairan indonesia. Maka pemilihan kapal dengan bentuk lambung katamaran diharapkan mampu mengatasi masalah di perairan Indonesia dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh kapal katamaran. Pada perancangan desain kapal katamaran ini akan digunakan metode Parent Design Approach, dimana akan diambil data kapal yang nantinya menjadi patokan dalam merancang kapal. Permodelan pada lambung kapal di desain menggunakan software Maxsurf modeler. Pengujian hambatan pada lambung kapal dilakukan menggunakan software Maxsurf resistance. Pengujian selanjutnya adalah analisis olah gerak lambung kapal menggunakan software Maxsurf Ship Motion. Ukuran Utama Lambung Kapal Patroli Katamaran yang didesain yaitu LOA 18 m, Lpp 17,53 m, B 6,6 m, H 2,6 m dan T 1 m. Didapatkan hasil hambatan total lambung kapal Patroli katamaran pada kecepatan 40 knot sebesar 39,3 kN. Sesuai Hasil Analisa Teknik menggunakan aplikasi maxsurf ship motion nilai RAO pada lambung kapal patroli katamaran dengan kecepatan 40 Knot dan sudut datang gelombang 00 diperoleh data nilai significant amplitude heave terbesar pada frekuensi -4,480 rad/s dengan tinggi 1,135 m, nilai significant amplitude pitch terbesar pada frekuensi -1,075 rad/s dengan tinggi 1,828 m. Pada sudut datang gelombang 900 diperoleh data nilai significant amplitude heave terbesar pada frekuensi 0,4 rad/s dengan tinggi 0,993 m, nilai significant amplitude pitch terbesar pada frekuensi 0,4 rad/s dengan tinggi 0,324 m. Lalu pada sudut arah datang gelombang 1800 diperoleh data nilai significant amplitude heave terbesar pada frekuensi 2,640 rad/s dengan tinggi 1,091 m, nilai significant amplitude pitch terbesar pada frekuensi 2,503 rad/s dengan tinggi 1,006 m.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan
Depositing User: Petrick Willy
Date Deposited: 14 Jul 2022 08:09
Last Modified: 18 Jul 2022 22:13
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/18232

Actions (login required)

View Item View Item