Khofifah, Besse Salwaa (2022) Analisis Willingness to Walk Calon Penumpang Bus Sarana Angkutan Umum Massal (SAUM) Kota Balikpapan - Submit Journal/Konferensi. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
07181023_cover.pdf Restricted to Repository staff only until 1 October 2023. Download (237kB) | Request a copy |
|
Text
07181023_abstract_en.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (411kB) | Request a copy |
|
Text
07181023_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until 1 October 2023. Download (308kB) | Request a copy |
|
Text
07181023_chapter_1.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
07181023_chapter_2.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
07181023_chapter_3.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
07181023_chapter_4.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
07181023_conclusions.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (502kB) | Request a copy |
|
Text
07181023_bibliography.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
07181023_Lembar Persetujuan Publikasi Ilmiah (Form. TA-020).pdf Restricted to Repository staff only until 1 October 2023. Download (28kB) | Request a copy |
Abstract
Minat masyarakat untuk berjalan kaki masih sangat rendah, hal ini ditandai dengan halte Bus Sarana Angkutan Umum Massal (SAUM) yang terlihat sepi serta rendahnya tingkat load factor dari Bus SAUM tersebut. Padahal, semakin jauh jarak berjalan kaki masyarakat, berarti transportasi umum akan memiliki catchment area yang lebih besar, hal tersebut tentunya akan memperbesar potensi perpindahan masyarakat ke moda transportasi umum. Dilakukannya analisis mengenai willingness to walk ini bertujuan untuk menghasilkan parameter yang dapat mendukung upaya peningkatan kualitas jalur pedestrian dan minat berjalan kaki menuju layanan bus SAUM yang ada di Kota Balikpapan. Pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui survei kuesioner kepada total 800 responden yang merupakan calon penumpang Bus SAUM di seluruh koridor, dan terbagi menjadi 400 pengguna sepeda motor dan 400 pengguna mobil pribadi. Berdasarkan analisis yang dilakukan menggunakan metode regresi logistik biner, didapatkan jarak willingness to walk sesuai dengan hasil probabilitas tertinggi (skenario 5) yaitu sejauh 300 meter dengan persentase sebesar 47% untuk pengguna motor, dan 59% untuk pengguna mobil. Skenario 5 tersebut dirancang dengan mengutamakan aspek kenyamanan dan estetika jalur pejalan kaki, sehingga strategi untuk meningkatkan kualitas trotoar dalam rangka mendukung peningkatan willingness to walk calon penumpang Bus SAUM dapat disusun dengan memprioritaskan kedua aspek tersebut. Dapat dilakukan melalui penyediaan fasilitas pendukung seperti tempat duduk, jalur sepeda, dan peneduh untuk mendukung aktivitas pejalan kaki, serta penanaman pohon, tanaman, dan pemasangan bollard untuk menambah nilai estetika ruang.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil |
Depositing User: | Besse Salwaa Khofifah |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 08:27 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 08:27 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/18556 |
Actions (login required)
View Item |