Pratama, Rizky Wisnu (2022) Penataan Lansekap Ruas Jalan - Kawasan Terminal Batu Ampar KM 4 Kota Balikpapan Dalam Menghadapi Fenomena Emisi Karbon Dengan Menggunakan Pendekatan Konsep Green Infrastructure - Submit Journal. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
08181071_cover.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
08181071_abstract_en.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
08181071_abstract_id.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
08181071_chapter_1.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
08181071_chapter_2.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
08181071_chapter_3.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
08181071_chapter_4.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
08181071_conclusions.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
08181071_bilbliography.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
08181071_Lembar Persetujuan Publikasi Ilmiah (Form. TA-020).pdf Restricted to Repository staff only until 1 October 2023. Download (336kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan kota yang sangat pesat dapat berdampak positif dan juga negatif,salah satunya dampak negatif pada sektor lingkungan, yaitu menurunnya kualitas udara akibat timbulnya emisi karbon. Menurut analisis emisi Kota Balikpapan (2019) terdapat 3 sektor tertinggi dalam menyumbang emisi karbon yaitu transportasi 36,4 %, permukiman 24,7 % dan komersial 24,7%. Salah satu sarana transportasi, yaitu Terminal Batu Ampar, berada di Jalan Pattimura Kelurahan Batu Ampar dengan luas 1,2 Ha. Di kawasan sekitar Terminal Batu Ampar memiliki permasalahan yaitu, lansekap pada bagian belakang terminal minim vegetasi, dan juga terdapat terdapat 2 junction yang digunakan sebagai pemberhentian kendaraan transportasi umum untuk menunggu penumpang dan juga sebagai akses masuk menuju perkotaan balikpapan, kedua juction tesebut menghubungkan antara Jl Soekarno Hatta dengan Jl Pattimura serta Jl M.T Haryono. Sehingga dari isu tersebut dapat menimbulkan tingginya emisi karbon serta kurang optimalnya penyerapan emisi di kawasan Terminal Batu Ampar dan ruas jalan sekitarnya.Tujuan dari penelitian ini melakukan penataan lansekap di Ruas Jalan - Kawasan Terminal Batu Ampar Km 4 Kota Balikpapan dalam menghadapi fenomena emisi karbon dengan menggunakan pendekatan konsep Green Infrastructure. Metode analisis yang digunakan yaitu Mapping Analysis untuk mengevaluasi kesesuain elemen lansekap, analisis kuantitatif untuk melakukan perhitungan tingkat emisi karbon dan perhitungan kemampuan daya serap emisi, serta analisis deskriptif kualitatif untuk merumuskan penataan lansekap. Hasil penelitian menunjukan dari 8 elemen terdapat 12,5% sesuai, 37,5% sesuai sebagian, dan 50% elemen tidak sesuai, Kemudian didapatkan tingkat emisi karbon sebesar 986.227,92 g/jam dan kemampuan serap emisi sebesar 158.279,165 g/jam, sehingga dilakukan penataan dengan menggunakan komponen green infrastructure yaitu green street, bioswale,hedgerow, permable pavement, planter box, dan tree canopy expansion
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Perencanaan Wilayah dan Kota |
Depositing User: | Rizky Wisnu Pratama |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 02:27 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 02:27 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/18793 |
Actions (login required)
View Item |