Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM (Studi Kasus:UMKM Kerupuk Bawang M.Awi)-Submit Journal/Konferensi

Yani, Nurul Fatimah Dzikri Yani (2023) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM (Studi Kasus:UMKM Kerupuk Bawang M.Awi)-Submit Journal/Konferensi. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

This is the latest version of this item.

[img] Text
12181055_cover.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text
12181055_abstract_en.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
12181055_abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
12181055_chapter_1.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
12181055_chapter_2.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
12181055_chapter_3.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
12181055_chapter_4.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text
12181055_conclusions.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
12181055_bibliography.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text
12181055_Lembar Persetujuan Publikasi Ilmiah (Form. TA-020).pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
12181055_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Penurunan tingkat permintaan yang terjadi dimasa pandemi yang menyebabkan UMKM Kerupuk Bawang M. Awi mengalami krisis penjualan dibanding sebelum pandemi. Tujuan penelitian ini yaitu, mengetahui analisa SWOT UMKM Kerupuk Bawang M. Awi berdasarkan matrix IE serta ingin mengetahui strategi pemasaran yang tepat pada UMKM kerupuk bawang M.Awi dalam meningkatkan penjualan produk dengan menggunaan matrix QSPM sehingga menghasilkan strategi pemasaran yang relevan untuk UMKM Kerupuk Bawang M.Awi dalam meningkatkan penjualan. Penglolahan data penelitian ini menggunakan matrik IFE & EFE yang menggunakan 4P marketing mix (product, price Marketing Mix), didapatkan beberapa analisis diantaranya matriks IE, analisis SWOT dan matriks QSPM dalam hal pengambilan keputusan penggunaan strategi yang akan dipilih. Dari wawancara dan kuisioner penelitian yang dilakukan didapatkan hasil posisi UMKM kerupuk bawang M.Awi berada pada posisi kuadran IV pada matrix IE, yang menandakan UMKM berada pada posisi growth and building serta membutuhkan strategi alternatif yang dapat meningkatkan penjualan, setelah diketahui posisi yang dimiliki selanjutnya dilakukan analisa data QSPM dan didapatkan hasil perhituangan QSPM yaitu 13 alternatif strategi. Hasil pengambilan keputusan dari penelitian ini adalah penggunaan 4 strategi teratas hasil perhituangan matrix QSPM, tiga strategi diantaranya strategi jangka pendek dan satu jangka panjang, strategi pertama yaitu penambahan variasi rasa kerupuk bawang, strategi kedua peningkatan penggunaan teknologi pengemasan produk, strategi ketiga yaitu meningkatkan kualitas produk dan strategi yang terakhir meningkatkan pemanfaatan digitalisasi dalam mempromosikan produk.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Industri
Depositing User: Nurul fatimah Dzikri yani
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:45
Last Modified: 19 Jul 2022 02:45
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/18815

Available Versions of this Item

  • Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM (Studi Kasus:UMKM Kerupuk Bawang M.Awi)-Submit Journal/Konferensi. (deposited 19 Jul 2022 02:45) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item