Pratama, Muhammad Nabil Akbar (2022) PENGEMBANGAN SISTEM PENDETEKSI KANTUK BERDASARKAN FACIAL LANDMARKS MENGGUNAKAN METODE HAAR CASCADE DENGAN EMBEDDED DEVICE. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
11181059_cover.pdf Restricted to Repository staff only until October 2023. Download (38kB) | Request a copy |
|
Text
11181059_abstract_en.pdf Restricted to Registered users only until October 2023. Download (22kB) | Request a copy |
|
Text
11181059_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until October 2023. Download (23kB) | Request a copy |
|
Text
11181059_chapter_1.pdf Restricted to Registered users only until October 2023. Download (146kB) | Request a copy |
|
Text
11181059_chapter_2.pdf Restricted to Registered users only until October 2023. Download (395kB) | Request a copy |
|
Text
11181059_chapter_3.pdf Restricted to Registered users only until October 2023. Download (544kB) | Request a copy |
|
Text
11181059_chapter_4.pdf Restricted to Registered users only until October 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
11181059_conclusions.pdf Restricted to Registered users only until October 2023. Download (26kB) | Request a copy |
|
Text
11181059_bibliography.pdf Restricted to Registered users only until October 2023. Download (161kB) | Request a copy |
|
Text
11181059_Lembar Persetujuan Publikasi Ilmiah (Form. TA-020).pdf Restricted to Repository staff only until October 2023. Download (34kB) | Request a copy |
Abstract
Kemajuan di bidang ilmu dan teknologi sangat berdampak ke semua sektor kehidupan manusia. Meningkatnya penggunaan transportasi oleh masyarakat yang tentunya sangat memudahkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari juga dapat membawa dampak negatif. Menurut Badan Pusat Statistik, jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia pada tahun 2018 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dengan total kecelakaan sebanyak 109.215 jiwa. Rasa kantuk merupakan salah satu penyebab utama dan juga yang sering diabaikan oleh para pengemudi, terutama ketika mengemudi dalam jarak yang cukup jauh. Untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan yang diakibatkan oleh kantuk pada saat mengemudi, Maka diperlukan sebuah sistem yang bentuknya ringkas dan dapat memberikan notifikasi berupa alarm kepada pengemudi secara langsung jika terdeteksi mulai mengalami kondisi mengantuk. Metode yang digunakan yaitu Haar Cascade berdasarkan Facial Landmarks yang berjalan pada sebuah embedded device dengan memanfaatkan beberapa parameter seperti mata, mulut, dan juga arah kepala agar dapat memberikan hasil deteksi dan rekognisi yang optimal, dan juga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan dengan tepat dan cepat. Kemudian pada tahap ujicoba di penelitian ini, ditetapkan threshold dari rasio mata sebesar 0,32 sebanyak 10 frames, kemudian rasio mulut sebesar 0,43, dan rasio batas kemiringan kepala pada 10 dan -10 derajat. Lalu digunakan metode Confusion Matrix yang mengukur tingkat akurasi serta presisi pada saat proses pendeteksian kantuk. Terdapat beberapa kondisi tambahan yang dijadikan parameter pada saat proses pengujian. Intensitas dan perubahan cahaya sangat berpengaruh selama proses pendeteksian kantuk terhadap pengemudi. Dalam pengujian hasil akurasi serta presisi di penelitian ini, didapatkan hasil berupa persentase akurasi sebesar 85,1% dan persentase presisi sebesar 91,41%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Informatika |
Depositing User: | Muhammad Nabil Akbar Pratama |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:35 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 03:35 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/18988 |
Actions (login required)
View Item |