Nikita, Sarah Putri (2023) PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI MONITORING PENGADAAN BARANG DAN JASA MENGGUNAKAN MODEL SCRUM (STUDI KASUS: INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN). Bachelor thesis, Insitut Teknologi Kalimantan.
Text (Cover)
10171056_cover.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (407kB) | Request a copy |
|
Text (abstract_id)
10171056_abstract_id.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (Abstract_en)
10171056_abstract_en.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (66kB) | Request a copy |
|
Text (chapter 1)
10171056_chapter_1.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (442kB) | Request a copy |
|
Text (chapter 2)
10171056_chapter_2.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (chapter 3)
10171056_chapter_3.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (838kB) | Request a copy |
|
Text (chapter 4)
10171056_chapter_4.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (conclusions)
10171056_conclusions.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (bibliography)
10171056_bibliography.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (188kB) | Request a copy |
Abstract
Teknologi Informasi dibutuhkan suatu perusahaan/instansi untuk memudahkan dan membantu pekerjaan, seperti membantu pekerjaan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk monitoring pengadaan barang dan jasa di Institut Teknologi Kalimantan. Proses dimulai dari Koordinator Rumpun Perencanaan mengirimkan dokumen yang berkaitan dengan perencanaan agar PPK dapat memulai kegiatan pengadaan. Setelah melakukan kegiatan pengadaan, PPK membutuhkan dokumen dari Keuangan dan BMN berupa SP2D dan Dokumen Perpajakan agar dapat diberikan kepada penyedia pengadaan. Selain itu, PPK perlu mengadakan rapat dengan Pimpinan untuk menyampaikan rincian pengadaan. Namun, proses tersebut masih dilakukan secara manual. Seperti menggunakan aplikasi whatsapp maupun E-mail untuk mengirimkan dokumen tersebut, serta pimpinan tidak dapat mengetahui rincian pengadaan secara realtime. Maka dari itu, dibutuhkan Sistem Informasi Monitoring Pengadaan Barang dan Jasa yang dapat memudahkan PPK dalam menjalankan pekerjaannya. Dalam pembangunan sistem informasi tersebut menggunakan framework Laravel serta menggunakan model scrum. Tahapan yang akan dilakukan pada penelitian ini diawali dari kick off meeting, Setelah itu tahapan yang dilakukan yaitu melakukan pembuatan sistem menggunakan model scrum yang meliputi scrum planning, dialy scrum, sprint review, sprint retrosprective. Setelah menerapkan tahapan menggunakan model scrum, tahapan selanjutnya yaitu melakukan pengujian sistem. Pada penelitian ini terdapat total 14 backlog items yang telah diselesaikan pada sprint 1, 6 backlog items diselesaikan pada sprint 2, 8 backlog items diselesaikan pada sprint 3, 6 backlog items diselesaikan pada sprint 4. Sehingga didapatkan bahwa terdapat total 34 backlog items yang diselesaikan dalam 4 sprint, setiap sprint mempunyai batas waktu pengerjaan selama 4 minggu. Adapun hasil dari pengujian fitur di Sistem Informasi Monitoring Pengadaan Barang dan Jasa dapat berjalan dengan baik dan sesuai yang diinginkan oleh Product Owner.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Nikita Sarah Putri |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 08:25 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 08:25 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19254 |
Actions (login required)
View Item |