Nisa, Fauziah Khoirun (2024) Rancang Bangun Aplikasi Pengaduan Masyarakat Pada Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Menggunakan Fitur Location Based Service. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
10161035_cover.pdf Download (162kB) |
|
Text
10161035_abstract_en.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
10161035_abstract_id.pdf Download (1MB) |
|
Text
10161035_chapter_1.pdf Download (146kB) |
|
Text
10161035_chapter_2.pdf Download (268kB) |
|
Text
10161035_chapter_3.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (108kB) | Request a copy |
|
Text
10161035_chapter_4.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (727kB) | Request a copy |
|
Text
10161035_conclusions.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
10161035_bibliography.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dinas Perhubungan Kota Balikpapan adalah satuan kerja daerah yang membantu untuk meningkatkan pelayanan publik dengan menyampaikan pengaduan seperti keluhan, masukan atau kritik untuk perbaikan kualitas pelayanan publik. Adapun keluhan yang sering disampaikan oleh publik terkait lalu lintas, kemacetan, dan fasilitas publik lainnya yang menjadi kewenangan dari Dinas Perhubungan. Pelayanan pengaduan masyarakat saat ini hanya bisa melalui telefon/email/media sosial. Selain itu pengaduan masyarakat juga diterima melalui aplikasi SITANGGAP(Sistem Informasi & Tanggapan Aduan Publik) yang dimiliki oleh Diskominfo Balikpapan dan hanya bisa digunakan versi Android saja. Walaupun sarana dan prasarana tersebut telah disediakan, namun dinilai kurang efektif sebab tidak memfasilitasi masyarakat agar dapat langsung mengirim titik lokasi tempat kejadian, karena laporan yang diterima secara manual dan banyak laporan yang kurang terpantau dan terproses, diperlukannya suatu aplikasi terkait pengaduan masyarakat guna membantu Dinas untuk menindaklanjuti keluhan dari masyarakat secara efektif. Pembangunan aplikasi website ini menggunakan metode Waterfall model dengan tahapan communication, planning, modeling, construction, deployment dan user training. Menggunakan framework Laravel dengan konsep MVC(Model, View, Controller). Hasil analisis dari kebutuhan 15 fitur dengan 3 aktor yang dimuat dalam dokumen SRS. Selanjutnya dilakukan pengembangan APM. Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan metode Black Box dengan pihak koordinator TMC yang dimuat dalam dokumen STD dan hasil yang didapatkan yaitu 100% sistem berfungsi dengan baik. Diharapkan aplikasi website tersebut memudahkan para masyarakat untuk menyampaikan pengaduan dan titik lokasi pada Dinas Perhubungan Balikpapan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Fauziah Khoirun Nisa |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 07:21 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 07:21 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19321 |
Actions (login required)
View Item |