Muharom, Restu (2023) PENGARUH VARIASI SUSUSAN SERAT FIBERGLASS TERHADAP KEKUATAN UJI TARIK DAN TEKUK PADA KAPAL. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
09181055_Cover.pdf Download (58kB) |
|
Text
09181055_statement_of_authenticity.pdf Download (1MB) |
|
Text
09181055_publishing_ agreement.pdf Download (1MB) |
|
Text
09181055_ approval_ sheet.pdf Download (1MB) |
|
Text
09181055_preface.pdf Download (1MB) |
|
Text
09181055_ abstract_id.pdf Download (1MB) |
|
Text
09181055_ abstract_en.pdf Restricted to Registered users only until 7 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
09181055_table_of_content.pdf Download (3MB) |
|
Text
09181055_illustrations.pdf Download (3MB) |
|
Text
09181055_tables.pdf Download (1MB) |
|
Text
09181055_chapter_1.pdf Download (3MB) |
|
Text
09181055_chapter_ 2.pdf Download (286kB) |
|
Text
09181055_chapter_3.pdf Restricted to Registered users only until 7 May 2024. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
09181055_conclusions.pdf Restricted to Registered users only until 7 May 2024. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
09181055_bibliography.pdf Download (4MB) |
|
Text
09181055_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 7 May 2024. Download (202kB) | Request a copy |
|
Text
09181055_presentation.pdf Download (625kB) |
|
Text
09181055_FORM20.pdf Download (343kB) |
|
Text
09181055_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (829kB) | Request a copy |
Abstract
Kapal adalah alat transportasi laut yang digunakan untuk mengangkut barang atau penumpang dari suatu tempat ke tempat lain. Kapal memiliki berbagai jenis material seperti baja, aluminium, kayu dan komposit. Dari tahun ke tahun penggunaan material komposit pada industri kelautan membuat berbasis komposit serat optik sering dijumpai sebagai bahan dasar pengganti seperti kayu yang memiliki banyak keunggulan. Keuntungan dari komposit berdasarkan serat optik yakni memiliki harga yang terjangkau, bobot yang ringan, mudah dibentuk selain serat-serat optik memiliki keunggulan lain yaitu kualitas tinggi dan ramah lingkungan, serta ketahanan terhadap korosi. Pada penelitian ini akan dilakukan pengujian tarik serta bending. Sebelum melakukan pengujian, lakukan pembuatan komposit dengan metode hand lay-up. Rata-rata nilai hasil pengujian tarik yaitu komposit dengan berpenguat fiberglass mat- woven-mat didapatkan hasil paling tinggi dengan nilai 38,174 MPa dan tegangan rata-rata dari tiga buah spesimen adalah 35,06 MPa. Kemudian dengan serat komposit fiberglass mat-mat-woven-woven maximal didapatkan hasil paling tinggi dengan nilai 53,165 MPa. Adapun nilai dari tegangan rata-rata dari empat buah spesimen adalah 48,87 MPa, lalu yang terakhir dengan serat fiberglass mat- mat- mat-woven-woven didapatkan hasil paling tinggi dengan nilai 46,841 MPa. Adapun nilai dari tegangan rata-rata dari lima buah spesimen adalah 42,192 MPa. Rata-rata nilai dari hasil pengujian bending yaitu komposit fiberglass mat- woven-mat adalah 83,28 MPa. Lalu fiberglass mat-mat-woven-woven didapatkan nilai 93.8 MPa dan yang terakhir fiberglass mat- mat- mat-woven-woven adalah 104.4 MPa. Jumlah dari lapisan serat 3,4 dan 5 uji tarik dan bending tidak memenuhi standar BKI. Sebaiknya lebih dari 5 lapisan serta lebih baik lagi dalam menggunakan metode hand lay-up.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering |
Divisions: | Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Restu Muharom |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 06:03 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 06:03 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19345 |
Actions (login required)
View Item |