Mahbub, Nuofal (2023) Modifikasi Formasi Lapisan Pada Material Komposit Serat Alam Ijuk Pada Lambung Kapal. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
09181050_ abstract_ id.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (44kB) | Request a copy |
|
Text
09181050_Cover.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (62kB) | Request a copy |
|
Text
09181050_ abstract_ en.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (108kB) | Request a copy |
|
Text
09181050_ chapter_ 1..pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (353kB) | Request a copy |
|
Text
09181050_ chapter_ 2..pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
09181050_ chapter_ 3.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (369kB) | Request a copy |
|
Text
09181050_ chapter_ 4.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
09181050_conclusions..pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (146kB) | Request a copy |
|
Text
09181050 _publishing_ agreement. pdf .pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2024. Download (129kB) | Request a copy |
|
Text
09181050_bibliography..pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (137kB) | Request a copy |
|
Text
09181050_paper..pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2024. Download (613kB) | Request a copy |
|
Text
09181050_from020.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (166kB) | Request a copy |
Abstract
Negara-negara di seluruh dunia sedang mengembangkan teknologi ramah lingkungan ini dengan lebih serius dan para ahli masih meneliti untuk mempromosikan teknologi ini. Salah satunya adalah teknologi komposit bahan serat alam. Memberikan solusi baru berupa pemanfaatan komposit serat ijuk sebagai fiberglass pada lambung kapal. ramah lingkungan dan aman bagi pengguna. Untuk mengetahui kesesuaian komposit serat ijuk sebagai fiberglass pada lambung kapal dan untuk mengetahui komposisi terkuat dari campuran serat yang digunakan. Untuk pengujian komposit ditinjau dari kekuatan tarik dan uji tekuk dengan menggunakan mesin Universal Testing Machine. Adapun hasil nilai kekuatan Tarik pada variasi Nilai kekuatan Tarik pada variasi SW-SI-ST memiliki kekuatan sebesar 15,51 MPa dan nilai kekuatan bending pada variasi SW-SI-ST memiliki kekuatan sebesar 164,67 MPa. Nilai kekuatan tarik pada variasi SB-SI-SB memiliki kekuatan sebesar 29,745 MPa dan nilai kekuatan bending pada variasi SB-SI-SB memiliki kekuatan sebesar 131,71 MPa. Nilai kekuatan tarik pada variasi ST-SI-ST memiliki kekuatan sebesar 7,7753 MPa dan nilai kekuatan bending pada variasi ST-SI-ST memiliki kekuatan sebesar 24,01 MPa. Perbandingan kekuatan tarik pada ketiga variasi dapat diketahui bahwa variasi SB-SI-SB memiliki kekuatan tarik lebih besar dari variasi SW-SI-ST & ST-SI-ST dengan nilai sebesar 29,74 MPa. Perbandingan kekuatan bending pada ketiga variasi dapat diketahui bahwa variasi SW-SI-ST memiliki kekuatan tarik lebih besar dari variasi SB-SI-SB & ST-SI-ST dengan nilai sebesar 164,67 MPa. Kata kunci : Ijuk, Uji Tarik, Uji Tekuk, Metode Pelapisan Manual
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Nuofal Mahbub |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 08:07 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 08:07 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19359 |
Actions (login required)
View Item |