Suryana Putra, Ibnu Sholehudin (2023) ANALISIS AERODINAMIKA PADA AIRFOIL CLARK-Y DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD). Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
03191042_Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
03191042_statement_of_authenticity.pdf Download (243kB) |
|
Text
03191042_publishing_agreement.pdf Download (272kB) |
|
Text
03191042_approval_sheet.pdf Download (222kB) |
|
Text
03191042_preface.pdf Download (335kB) |
|
Text
03191042_abstract_id.pdf Download (506kB) |
|
Text
03191042_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) | Request a copy |
|
Text
03191042_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text
03191042_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) | Request a copy |
|
Text
03191042_tables.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text
03191042_notations.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text
03191042_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) | Request a copy |
|
Text
03191042_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
03191042_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (920kB) | Request a copy |
|
Text
03191042_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
03191042_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) | Request a copy |
|
Text
03191042_bibliography.pdf Download (273kB) |
|
Text
03191042_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) | Request a copy |
|
Text
03191042_presentation.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
03191042_Form TA-020.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
Abstract
Unmanned Aerial Vehicle (UAV) merupakan pesawat yang dikendalikan dengan controller jarak jauh melalui gelombang radio. Pesawat tanpa awak merupakan gabungan dari bidang ilmu aerodinamika, instrumentasi, dan teknologi sistem kendali jarak jauh. Salah satu bagian penting dari UAV adalah sayap (wing). Bagian ini secara umum difungsikan untuk menghasilkan gaya lift (angkat) wahana pada saat di udara. Dalam penelitian ini dipilih airfoil jenis Clark-y. Bentuk airfoil ini telah banyak digunakan dalam desain pesawat terbang, dan telah menjadi subjek banyak penelitian aerodinamis selama bertahun-tahun. Profil ini dirancang pada tahun 1922 oleh Virginius E. Clark, menggunakan ketebalan 11,7 % dan permukaan dasar yang rata dengan chord 30%. Metode penelitian ini menggunakan simulasi Computational Fluid Dynamic (CFD) dengan sudut serang 0º-20º dengan interval variasi sebesar 1º. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sudut serang (α) mempengaruhi kontur tekanan (P) dan bentuk streamline kecepatan (v) di sekitar airfoil, serta untuk mengetahui hubungan antara gaya angkat yang dihasilkan dengan koefisien gaya angkat (C_l) dan koefisien hambatan (C_d) pada berbagai sudut serangan. Hasil penelitian didapatkan bahwa tekanan pada bagian atas airfoil lebih tinggi dibandingkan dengan bagian bawah airfoil sehingga menghasilkan gaya angkat. Nilai C_l tertinggi berada pada sudut serang 14º yaitu sebesar 1,34097 dan nilai C_d tertinggi berada pada sudut serang 20º yaitu sebesar 0,42733 serta nilai Cl/Cd tertinggi berada pada sudut serang 7º yaitu sebesar 51,6619.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) A General Works > AM Museums (General). Collectors and collecting (General) A General Works > AS Academies and learned societies (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin |
Depositing User: | Ibnu Ibnu Sholehudin Suryana Putra |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 01:30 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 01:30 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19556 |
Actions (login required)
View Item |