Analisis Kualitas pada Website Gerbang ITK Menggunakan Metode WebQual 4.0 (Studi Kasus Mahasiswa ITK)

Lestari, Andini Dwi (2023) Analisis Kualitas pada Website Gerbang ITK Menggunakan Metode WebQual 4.0 (Studi Kasus Mahasiswa ITK). Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
10191011_cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
10191011_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
10191011_publishing_agreement.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
10191011_approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
10191011_preface.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text
10191011_abstract_id.pdf

Download (247kB)
[img] Text
10191011_abstract_en.pdf

Download (183kB)
[img] Text
10191011_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
10191011_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
10191011_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
10191011_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text
10191011_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text
10191011_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
10191011_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text
10191011_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
10191011_bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
10191011_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
10191011_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10191011_Formulir Publikasi Mandiri Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (67kB) | Request a copy

Abstract

Institut Teknologi Kalimantan membangun website Gerbang ITK sebagai sistem informasi yang berbasis website yang telah terintegrasi dengan internet. Mahasiswa dengan mudah mengakses informasi perkuliahan yang berkaitan dengan akademik maupun non akademik, dengan adanya sistem informasi ini. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penilaian terhadap kualitas website Gerbang ITK sebagai sistem informasi dari pengguna akhir dengan menggunakan metode WebQual 4.0. Penelitian ini menggunakan kuesioner guna mengidentifikasi kualitas sistem informasi akademik sesuai model WebQual 4.0. Terkait variabel yang digunakan dalam perancangan kuesioner meliputi kemudahan penggunaan (usability), kualitas informasi (information quality), serta kualitas interaksi layanan (service interaction quality). Berdasarkan hasil uji yang dilakukan pada setiap pernyataan kuesioner yang telah disebar kepada Mahasiswa ITK dinyatakan valid secara Product Moment Coefficient,serta reliabel dengan nilai Cronbach Alpha sebesar 0,957 yang mana reliabilitas sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan data yang diperoleh dari olahan data kuesioner responden yang diperoleh dari jawaban Mahasiswa ITK dengan jumlah 370 responden dapat dinyatakan bahwa perhitungan interval sebesar 3,81 yang artinya kualitas website Gerbang ITK berada dalam kategori “Memuaskan” sebab nilai tersebut berada dalam rentang sangat memuaskan. Hal ini juga didukung hasil nilai R-square yaitu 0,716, yang dapat diartikan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna secara langsung sebesar 71,6% yang dipengaruhi usability, information quality, dan service interaction quality. Sedangkan 28,4% dipengaruhi oleh variabel luar selain variabel WebQual 4.0.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: Andini Dwi Lestari
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:19
Last Modified: 20 Jul 2023 03:19
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19580

Actions (login required)

View Item View Item