Nickolas, Yan (2023) Studi Eksperimental Pengaruh Pendingin Baterai Terhadap Temperatur Baterai, Jarak, dan Waktu Tempuh Viar E-Motor Stroom - Submit Jurnal/Seminar. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
03191082_cover.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (632kB) | Request a copy |
|
Text
03191082_statement_of_authenticity.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (280kB) | Request a copy |
|
Text
03191082_publishing_agreement.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (409kB) | Request a copy |
|
Text
03191082_approval_sheet.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (273kB) | Request a copy |
|
Text
03191082_preface.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (502kB) | Request a copy |
|
Text
03191082_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (406kB) | Request a copy |
|
Text
03191082_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (407kB) | Request a copy |
|
Text
03191082_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (417kB) | Request a copy |
|
Text
03191082_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (408kB) | Request a copy |
|
Text
03191082_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (406kB) | Request a copy |
|
Text
03191082_notations.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (643kB) | Request a copy |
|
Text
03191082_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (432kB) | Request a copy |
|
Text
03191082_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (828kB) | Request a copy |
|
Text
03191082_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
03191082_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (848kB) | Request a copy |
|
Text
03191082_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (407kB) | Request a copy |
|
Text
03191082_bibliography.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (406kB) | Request a copy |
|
Text
03191082_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (990kB) | Request a copy |
|
Text
03191082_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (400kB) | Request a copy |
|
Text
03191082_presentation.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
03191082_Form. TA-020.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (110kB) | Request a copy |
Abstract
Peningkatan populasi serta daya beli masyarakat terhadap kendaraan bermotor mengakibatkan pencemaran dan menurunnya kualitas udara. Tidak sedikit perusahaan otomotif yang mengembangkan kendaraan berpenggerak listrik untuk mengatasi masalah lingkungan tersebut, namun kendaraan berpenggerak listrik masih memiliki kelemahan yaitu pada bagian baterai. Saat kendaraan bekerja, temperatur baterai mengalami peningkatan seiring dengan penggunaan. Salah satu solusi untuk menurunkan temperatur pada baterai kendaraan listrik adalah dengan cara menggunakan pendingin yang terdiri dari kipas dan peltier yang kemudian dihubungkan pada baterai sehingga suhu baterai tetap terjaga pada saat kendaraan sedang beroperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan variasi pendinginan baterai pada kendaraan listrik khususnya sepeda motor listrik Viar E- Motor Stroom dengan menggunakan variasi satu pendingin yang terdiri dari satu kipas dan satu peltier, dua pendingin yang terdiri dari dua kipas dan dua peltier, serta tanpa pendingin untuk menganalisis pengaruhnya terhadap temperatur baterai, jarak tempuh, dan waktu tempuh. Pengujian dilakukan dengan menjalankan sepeda motor listrik dari persentase 100% hingga 50%. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu penurunan temperatur rata-rata keseluruhan sebesar 1,64°C pada baterai satu pendingin dan 1,81°C pada baterai dua pendingin. Penurunan rata-rata temperatur maksimum sebesar 1,5°C pada baterai satu pendingin dan 1,83°C pada baterai dua pendingin. Kenaikan rata-rata nilai jarak sebesar 1,26 km pada baterai satu pendingin dan 2,7 km pada baterai dua pendingin. Kenaikan rata-rata waktu sebesar 2,61 menit pada baterai satu pendingin dan 4,94 menit pada baterai dua pendingin jika dibandingkan dengan baterai tanpa pendingin. Penambahan jumlah pendingin dapat mengurangi temperatur baterai dan meningkatkan jarak dan waktu tempuh secara signifikan berdasarkan metode uji statistik one sample t yang telah dilakukan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin |
Depositing User: | Yan Nickolas |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 06:23 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 06:23 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19600 |
Actions (login required)
View Item |