Evaluasi UI/UX Aplikasi Transportasi Online Maxim Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Think Aloud

Ananda, Dinda Dwi (2023) Evaluasi UI/UX Aplikasi Transportasi Online Maxim Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Think Aloud. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
10171019_cover.pdf

Download (28kB)
[img] Text
10171019_statement_of_authenticity.pdf

Download (270kB)
[img] Text
10171019_publishing_agreement.pdf

Download (248kB)
[img] Text
10171019_approval_sheet.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10171019_preface.pdf

Download (313kB)
[img] Text
10171019_abstract_id.pdf

Download (307kB)
[img] Text
10171019_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
10171019_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text
10171019_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
10171019_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
10171019_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
10171019_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text
10171019_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text
10171019_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10171019_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
10171019_bibliography.pdf

Download (250kB)
[img] Text
10171019_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
10171019_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10171019_form020.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (73kB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi Maxim adalah layanan jasa transportasi online yang mulai diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2018. Aplikasi Maxim masih memiliki beberapa keluhan dari para pengguna biasa, pengguna mengeluhkan beberapa fitur yang ada pada aplikasi Maxim seperti penentuan titik jemput yang sulit, terdapat permasalahan pada sistem pembatalan pemesanan, dan sulit dalam melakukan pembayaran non tunai. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil dari evaluasi UI/UX aplikasi transportasi online Maxim dan memberikan rekomendasi perbaikan dari hasil evaluasi UI/UX pada aplikasi transportasi online Maxim. Evaluasi UI/UX aplikasi transportasi online Maxim menggunakan metode think aloud. Pengumpulan data pada evaluasi UI/UX dimulai dengan memberikan skenario tugas kepada responden, responden memberikan feedback negatif dan positif serta memberikan bobot severity rating. Hasil yang didapatkan dari evaluasi pada aplikasi Maxim ditemukan 12 permasalahan. Permasalahan yang ditemukan, didapatkan rata-rata nilai severity rating paling banyak yaitu bernilai 2, 3 dan 4. Adapun permasalahan tersebut yaitu titik lokasi kurang akurat, tidak dapat melakukan pembayaran non tunai, tidak terdapat fitur pengisian saldo non tunai, pembatalan sulit dilakukan, fitur Food&Goods kurang fleksibel dan tampilan Food&Goods kurang menarik, tidak paham dengan fungsi fitur Food&Shop, dan sulit mencari tombol logout. Sehingga, perlu dilakukannya pemberian rekomendasi perbaikan. Namun, dari 12 permasalahan terdapat 1 permasalahan yang tidak dilakukan perbaikan karena bernilai 1, sehingga akan diabaikan karena tidak berdampak besar pada aplikasi Maxim. Rekomendasi perbaikan diambil berdasarkan hasil penelitian sebelumnya dan aplikasi pembanding. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan sejumlah permasalahan UI/UX pada aplikasi transportasi online Maxim, hasil dari penelitian ini dapat dijadikan masukan perbaikan bagi pihak pengembang aplikasi Maxim, serta memenuhi tujuan dari penelitian. Kata kunci: Aplikasi Maxim, Think Aloud, Skenario Tugas, User Interface, User Experience.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: Dinda Dwi Ananda
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:44
Last Modified: 20 Jul 2023 02:44
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19849

Actions (login required)

View Item View Item