Penyusunan Service Level Agreement pada Layanan Teknologi Informasi di Politeknik Negeri Balikpapan Menggunakan Kerangka Kerja ITIL Versi 4

Paujiati, Rizka (2023) Penyusunan Service Level Agreement pada Layanan Teknologi Informasi di Politeknik Negeri Balikpapan Menggunakan Kerangka Kerja ITIL Versi 4. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
10191075_cover.pdf

Download (117kB)
[img] Text
10191075_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10191075_publishing_agreement.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10191075_approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10191075_preface.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
10191075_abstract_id.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10191075_abstract_en.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10191075_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
10191075_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10191075_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10191075_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
10191075_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text
10191075_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
10191075_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10191075_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
10191075_bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
10191075_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
10191075_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
10191075_publication.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Adanya layanan TI pada suatu organisasi, terlebih pada perguruan tinggi semakin menjadi tantangan untuk meningkatkan kualitas dan kinerja layanan yang tersedia. Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Kota Balikpapan yang melakukan penerapan dan pemanfaatan TI pada aktivitas internal terkait dengan pengelolaan data mahasiswa, pegawai, keuangan, akademik, perencanaan dan dokumen SK. Namun, dalam implementasinya UPTSI masih menerima banyak keluhan/permasalahan dibidang operasional/implementasi sistem dan teknologi informasi setiap harinya. Hal tersebut disebabkan atas kondisi yang ada pada Poltekba saat ini yaitu belum adanya dasar pengetahuan dan acuan standar mengenai layanan apa yang harus disediakan dan aspek garansi untuk menjalankan layanan help desk. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut penelitian ini dapat menyelesaikan dengan menyusun dokumen perjanjian antara penyedia layanan dan pengguna layanan. Dokumen tersebut disebut dengan Service Level Agreement (SLA) dengan menggunakan kerangka kerja ITIL Versi 4 yang dilakukan dengan 3 tahap utama, yaitu tahap persiapan awal, tahap penyusunan SLR dan tahap penyusunan SLA. Tahap persiapan memperoleh data kategori layanan TI, data pengguna kategori layanan TI, dan Identifikasi layanan TI. Tahap penyusunan dokumen SLR memperoleh hasil layanan yang dibutuhkan, pendokumentasian dokumen SLR, dan verifikasi dokumen SLR. Tahap penyusunan SLA memperoleh hasil kapabilitas UPTSI yang didokumentasikan menjadi dokumen SLA berdasarkan aspek ketersediaan, keamanan, dan keberlangsungan lalu diverifikasi. Sehingga untuk hasil penelitian pada tahap persiapan didapatkan hasil yaitu 8 kategori layanan dan 32 layanan helpdesk teknologi informasi yang tersedia pada UPTSI Politeknik Negeri Balikpapan. Kemudian pada tahap penyusunan dokumen SLR, diperoleh hasil pendokumentasian layanan helpdesk berdasarkan hasil wawancara dengan UPTSI sebanyak 26 layanan, bencmarking 30 layanan, dan kebutuhan layanan pengguna sebanyak 55 layanan. Sedangkan tahap penyusunan dokumen SLA diperoleh hasil pendokumentasian layanan helpdesk sejumlah 55 layanan dengan tingkat ketersediaan layanan sebesar 94,03%. Verifikasi dan serah terima dokumen SLR dan SLA telah dilakukan bersama Kepala UPTSI Politeknik Negeri Balikpapan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: Rizka Paujiati
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:51
Last Modified: 17 Jul 2023 06:51
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19917

Actions (login required)

View Item View Item