Studi Optimalisasi Pembangunan Struktur Seluncuran di Fuel Terminal Makassar dengan Metode CPM dan PERT

Marsela, Rina (2023) Studi Optimalisasi Pembangunan Struktur Seluncuran di Fuel Terminal Makassar dengan Metode CPM dan PERT. Bachelor thesis, Institut Teknologi kalimantan.

[img] Text
14191037_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
14191037_covwer.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
14191037_publishing_agreement.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text
14191037_approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
14191037_preface.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text
14191037_abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text
14191037_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
14191037_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text
14191037_ilustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
14191037_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
14191037_notations.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
14191037_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text
14191037_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
14191037_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text
14191037_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
14191037_conclusion.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
14191037_bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text
14191037_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PT Pertamina Transkontinental adalah anak perusahaan PT Pertamina Transkontinental. Saat ini PT Pertamina Transkontinental sedang memiliki project perluasan Gudang LLP (Lindungan Lingkungan Perairan) di Lima area yaitu Fuel Terminal Bitung, Kendari, Kolondole, Makassar dan Toli-Toli. Pada penelitian ini penulis mengambil lokasi di Integrated terminal Makassar dimana lokasi tersebut mengerjakan struktur seluncuran. Selama pelaksanaan proyek terdapat masalah yaitu keterlambatan waktu proyek yang terjadi di Integrated Terminal Makassar, berdasarkan hasil wawancara bersama pihak perusahaan, proyek ini menggunakan metode Bar Chart dalam penjadwalannya sehingga tidak dapat mengetahui hubungan antar kegiatan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan optimalisasi waktu proyek, pada penelitian ini digunakan metode penjadwalan CPM ( Critical Path Method) dan PERT (Program Evaluation Review Technique) untuk menghasilkan durasi yang optimal dalam pembangunan struktur seluncuran. Dalam penelitian ini dilakukan wawancara untuk mendapatkan data yang dibutuhkan seperti volume, waktu pelaksanaan proyek, urutan kegiatan pelaksanaan dan kurun waktu yang diharapkan. Pada metode CPM dibutuhkan durasi normal proyek dan kemudian akan diolah menjadi diagram jalur kritis sehingga dihasilkan optimalisasi durasi dari metode tersebut. Sementara itu, untuk menghasilkan durasi yang optimal dengan metode PERT digunakan 3 jenis durasi antara lain optimisme time (a), psimistic time (b), mostlikely time (m). Durasi yang dijadwalkan oleh pihak perusahaan yaitu selama 149 hari. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode CPM pekerjaan tersebut dapat diselesaikan selama 112 hari, lalu setelah dilakukan perhitungan menggunakan metode PERT pekerjaan dapat dilakukan selama 139 hari dengan probabilitas sebesar 99,89%. Merujuk pada perhitungan, durasi metode CPM lebih cepat dari metode PERT. Hasil perhitungan kebutuhan tenaga kerja dengan metode crashing, pada saat durasi normal total tenaga kerja yang dibutuhkan sebanyak 64 orang, sedangkan setelah dilakukan percepatan durasi jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan sebanyak sebanyak 75 orang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Kelautan
Depositing User: S.T Rina marsela
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:06
Last Modified: 21 Jul 2023 06:06
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19996

Actions (login required)

View Item View Item