Marsela, Rina (2023) Studi Optimalisasi Pembangunan Struktur Seluncuran di Fuel Terminal Makassar dengan Metode CPM dan PERT. Bachelor thesis, Institut Teknologi kalimantan.
Text
14191037_statement_of_authenticity.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (518kB) | Request a copy |
|
Text
14191037_covwer.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (247kB) | Request a copy |
|
Text
14191037_publishing_agreement.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (519kB) | Request a copy |
|
Text
14191037_approval_sheet.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (447kB) | Request a copy |
|
Text
14191037_preface.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (519kB) | Request a copy |
|
Text
14191037_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (408kB) | Request a copy |
|
Text
14191037_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (407kB) | Request a copy |
|
Text
14191037_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (602kB) | Request a copy |
|
Text
14191037_ilustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (404kB) | Request a copy |
|
Text
14191037_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (407kB) | Request a copy |
|
Text
14191037_notations.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (411kB) | Request a copy |
|
Text
14191037_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (538kB) | Request a copy |
|
Text
14191037_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
14191037_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (691kB) | Request a copy |
|
Text
14191037_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
14191037_conclusion.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (407kB) | Request a copy |
|
Text
14191037_bibliography.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (457kB) | Request a copy |
|
Text
14191037_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
PT Pertamina Transkontinental adalah anak perusahaan PT Pertamina Transkontinental. Saat ini PT Pertamina Transkontinental sedang memiliki project perluasan Gudang LLP (Lindungan Lingkungan Perairan) di Lima area yaitu Fuel Terminal Bitung, Kendari, Kolondole, Makassar dan Toli-Toli. Pada penelitian ini penulis mengambil lokasi di Integrated terminal Makassar dimana lokasi tersebut mengerjakan struktur seluncuran. Selama pelaksanaan proyek terdapat masalah yaitu keterlambatan waktu proyek yang terjadi di Integrated Terminal Makassar, berdasarkan hasil wawancara bersama pihak perusahaan, proyek ini menggunakan metode Bar Chart dalam penjadwalannya sehingga tidak dapat mengetahui hubungan antar kegiatan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan optimalisasi waktu proyek, pada penelitian ini digunakan metode penjadwalan CPM ( Critical Path Method) dan PERT (Program Evaluation Review Technique) untuk menghasilkan durasi yang optimal dalam pembangunan struktur seluncuran. Dalam penelitian ini dilakukan wawancara untuk mendapatkan data yang dibutuhkan seperti volume, waktu pelaksanaan proyek, urutan kegiatan pelaksanaan dan kurun waktu yang diharapkan. Pada metode CPM dibutuhkan durasi normal proyek dan kemudian akan diolah menjadi diagram jalur kritis sehingga dihasilkan optimalisasi durasi dari metode tersebut. Sementara itu, untuk menghasilkan durasi yang optimal dengan metode PERT digunakan 3 jenis durasi antara lain optimisme time (a), psimistic time (b), mostlikely time (m). Durasi yang dijadwalkan oleh pihak perusahaan yaitu selama 149 hari. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode CPM pekerjaan tersebut dapat diselesaikan selama 112 hari, lalu setelah dilakukan perhitungan menggunakan metode PERT pekerjaan dapat dilakukan selama 139 hari dengan probabilitas sebesar 99,89%. Merujuk pada perhitungan, durasi metode CPM lebih cepat dari metode PERT. Hasil perhitungan kebutuhan tenaga kerja dengan metode crashing, pada saat durasi normal total tenaga kerja yang dibutuhkan sebanyak 64 orang, sedangkan setelah dilakukan percepatan durasi jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan sebanyak sebanyak 75 orang.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Kelautan |
Depositing User: | S.T Rina marsela |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 06:06 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 06:06 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19996 |
Actions (login required)
View Item |