Ryanda Bayu Laksana, Ryanda (2023) Analisa Kekuatan Pondasi Crane Pada Barge Crane SWL 50 Ton. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
1_09191060__Cover.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (54kB) | Request a copy |
|
Text
2_09191040_statement_of_authenticity.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (164kB) | Request a copy |
|
Text
3_09191060__Statement_of_authenticity.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (245kB) | Request a copy |
|
Text
4_09191060__approval_sheet.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (77kB) | Request a copy |
|
Text
5_09191060__preface.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (343kB) | Request a copy |
|
Text
6_09191060__abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (111kB) | Request a copy |
|
Text
7_09191060__abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (111kB) | Request a copy |
|
Text
8_09191060__table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (157kB) | Request a copy |
|
Text
9_09191060__illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (247kB) | Request a copy |
|
Text
10_9191060__tables.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (117kB) | Request a copy |
|
Text
11_9191060__notations.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (240kB) | Request a copy |
|
Text
12_09191060__chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (238kB) | Request a copy |
|
Text
13_09191060__chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
14_09191060__chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (130kB) | Request a copy |
|
Text
15_09191060__chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
16_09191060__conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (228kB) | Request a copy |
|
Text
17_09191060__bibliography.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (171kB) | Request a copy |
|
Text
18_09191060__enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (628kB) | Request a copy |
|
Text
19_09191060__paper.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (466kB) | Request a copy |
|
Text
20_09191060__presentation.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
21_09191060__Form. TA-20.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (235kB) | Request a copy |
Abstract
Crane barge adalah kapal tongkang yang lengkap dengan fasilitas akomodasi yang sudah dilengkapi dengan sebuah crane untuk melaksanakan pekerjaan di lapangan. Crane barge juga dikembangkan untuk dapat mengangkat struktur yang lebih besar. Pekerjaan yang biasa dilakukan oleh crane barge adalah untuk mengangkat beban berat pada saat pemindahan dari darat ke laut. Fokus penelitian ini adalah pada analisis pondasi crane dari crane barge berdasarkan nilai yang diberikan. menganalisis kekuatan pondasi dan variasi kemiringan dari barge crane tersebut pada setiap kasus dan juga pada kondisi kritisnya Parameter yang dievaluasi meliputi deformasi dan tegangan pada arah yang berbeda yaitu x, y dan z, serta tegangan normal dan geser pada arah yang berbeda. Nilai tegangan dan tegangan yang diperoleh merepresentasikan perilaku dan distribusi beban dari pondasi crane. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa terjadi penurunan deformasi sebesar rata-rata 4.13% pada arah x, 4.211% pada arah y, dan 4.533% pada arah z. Selain itu, tegangan normal mengalami penurunan rata-rata sebesar 1.581% pada arah x, 2.015% pada arah y, dan 2.846% pada arah z. Tegangan geser juga mengalami penurunan rata-rata sebesar 2.046% pada arah x, 2.428% pada arah y, dan 0.400% pada arah z. Sementara itu, von Mises stress mengalami rata-rata penurunan sebesar 4.263%. Hasil ini menunjukkan bahwa pondasi crane pada barge crane memiliki tingkat kestabilan yang baik dalam menghadapi sudut yang lebih tinggi, dengan penurunan yang signifikan pada deformasi, tegangan normal, tegangan geser, dan von Mises stress. Hal ini mengindikasikan bahwa pondasi crane mampu menahan beban dengan baik dan memberikan keamanan yang memadai.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Ryanda Bayu Laksana |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 01:52 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 01:52 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/20456 |
Actions (login required)
View Item |