Analisa Kekuatan Pondasi Crane Pada Barge Crane SWL 50 Ton

Ryanda Bayu Laksana, Ryanda (2023) Analisa Kekuatan Pondasi Crane Pada Barge Crane SWL 50 Ton. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
1_09191060__Cover.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text
2_09191040_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text
3_09191060__Statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
4_09191060__approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text
5_09191060__preface.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
6_09191060__abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text
7_09191060__abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text
8_09191060__table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text
9_09191060__illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
10_9191060__tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text
11_9191060__notations.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
12_09191060__chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
13_09191060__chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
14_09191060__chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
15_09191060__chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
16_09191060__conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text
17_09191060__bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
18_09191060__enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text
19_09191060__paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text
20_09191060__presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
21_09191060__Form. TA-20.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2025.

Download (235kB) | Request a copy

Abstract

Crane barge adalah kapal tongkang yang lengkap dengan fasilitas akomodasi yang sudah dilengkapi dengan sebuah crane untuk melaksanakan pekerjaan di lapangan. Crane barge juga dikembangkan untuk dapat mengangkat struktur yang lebih besar. Pekerjaan yang biasa dilakukan oleh crane barge adalah untuk mengangkat beban berat pada saat pemindahan dari darat ke laut. Fokus penelitian ini adalah pada analisis pondasi crane dari crane barge berdasarkan nilai yang diberikan. menganalisis kekuatan pondasi dan variasi kemiringan dari barge crane tersebut pada setiap kasus dan juga pada kondisi kritisnya Parameter yang dievaluasi meliputi deformasi dan tegangan pada arah yang berbeda yaitu x, y dan z, serta tegangan normal dan geser pada arah yang berbeda. Nilai tegangan dan tegangan yang diperoleh merepresentasikan perilaku dan distribusi beban dari pondasi crane. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa terjadi penurunan deformasi sebesar rata-rata 4.13% pada arah x, 4.211% pada arah y, dan 4.533% pada arah z. Selain itu, tegangan normal mengalami penurunan rata-rata sebesar 1.581% pada arah x, 2.015% pada arah y, dan 2.846% pada arah z. Tegangan geser juga mengalami penurunan rata-rata sebesar 2.046% pada arah x, 2.428% pada arah y, dan 0.400% pada arah z. Sementara itu, von Mises stress mengalami rata-rata penurunan sebesar 4.263%. Hasil ini menunjukkan bahwa pondasi crane pada barge crane memiliki tingkat kestabilan yang baik dalam menghadapi sudut yang lebih tinggi, dengan penurunan yang signifikan pada deformasi, tegangan normal, tegangan geser, dan von Mises stress. Hal ini mengindikasikan bahwa pondasi crane mampu menahan beban dengan baik dan memberikan keamanan yang memadai.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan
Depositing User: Ryanda Bayu Laksana
Date Deposited: 25 Jul 2023 01:52
Last Modified: 25 Jul 2023 01:52
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/20456

Actions (login required)

View Item View Item