Strategi Pengembangan Sektor Pariwisata Melalui Potensi Unggulan Guna Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Balikpapn

Priandini, Difa Oktavia (2024) Strategi Pengembangan Sektor Pariwisata Melalui Potensi Unggulan Guna Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Balikpapn. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
08201021_Cover.pdf

Download (81kB)
[img] Text
08201021_Statement_of_authenticity.pdf

Download (122kB)
[img] Text
08201021_Publishing_Agreement.pdf

Download (78kB)
[img] Text
08201021_Approval_Sheet.pdf

Download (123kB)
[img] Text
08201021_Preface.pdf

Download (195kB)
[img] Text
08201021_abstract_Id.pdf

Download (126kB)
[img] Text
08201021_Abstrack_En.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2026.

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
08201021_Table_of_Contenct.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2026.

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
08201021_Ilustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2026.

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text
08201021_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2026.

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text
08201021_Chapter 1.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2026.

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
08201021_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2026.

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
08201021_Chapter 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2026.

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
08201021_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2026.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
08201021_Coclusion.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2026.

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text
08201021_Bibliography.pdf

Download (198kB)
[img] Text
08201021_Enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2026.

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text
08201021_Paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2026.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
08201021_Presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2026.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
08201021_FORM. TA-020.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2026.

Download (78kB) | Request a copy

Abstract

Kota Balikpapan memiliki potensi yang melimpah di sektor pariwisata, yang dikategorikan menjadi tujuh jenis berbeda, yakni wisata bahari/pantai, wisata sejarah, wisata alam/hutan, wisata buatan, wisata kuliner, wisata belanja, dan wisata religi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pengembangan potensi unggulan sektor pariwisata guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Balikpapan. Metode analisis yang digunakan meliputi analisis deskriptif, analisis spasial persebaran objek wisata, analisis skoring, dan analisis SOAR (Strengths, Opportunities, Aspirations, Results). Hasil penelitian menunjukan terdapat 88 obyek wisata di Kota Balikpapan, terdapat 20 obyek wisata bahari, 17 obyek wisata alam, 7 obyek wisata kuliner, 15 obyek wisata religi, 7 obyek wisata belanja, 15 obyek wisata buatan dan 8 obyek wisata sejarah. Wisata belanja memiliki potensi sebagai sektor unggulan berdasarkan skoring tertinggi. Maka didapat empat alternatif strategi pengembangan untuk wisata belanja Kota Balikpapan yaitu, strategi SA (strength – aspiration) berupa kolaborasi dengan pelaku usaha lokal, promosi keberagaman dan keunikan produk, sinergi dengan pelaku industri, dan dukungan finansial bagi UKM lokal. Strategis OA (Opportunities – Aspiration), Promosi melalui festival wisata belanja, Bekerjasama dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, Pelatihan dan wokrshop kewirausahaan, program pendidikan dan pelatihan tenaga kerja terkait wisata belanja, pemsaran digital dan media sosial, dan partisipasi komunitas lokal dan media. Strategi SR (Strength – Result), Evaluasi pemasaran produk wisata belanja, bekerjasama dengan investor, Ekspansi Internasional melalui platform perdagangan dan memberikan insentif pelaku usaha produk iwsata belanja. Terakhir Strategis OR (Opportunities – Result) peningkatan promosi dan pengalamn wisata belanja, penetapan target pendapatan dan evaluasi rutin dan Kerjasama dengan media, influencer dan duta wisata Kota Balikpapan. Melalui strategi ini, diharapkan Kota Balikpapan dapat mengoptimalkan potensi pariwisata dan berkontribusi secara signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: Difa Oktavia Priandini
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:38
Last Modified: 22 Dec 2023 08:38
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/20602

Actions (login required)

View Item View Item