Siregar, Febiola Melinda (2024) Analisis Response Amplitude Operator (RAO) dan Respon Dinamis Lifting Gear dari Decommissioning Barge Menggunakan Jacket Lift System Saat Operasi Decommissioning. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
14191019_cover.pdf Restricted to Registered users only until 4 May 2026. Download (260kB) | Request a copy |
|
Text
14191019_statement_of_authenticity.pdf Restricted to Registered users only until 4 May 2026. Download (119kB) | Request a copy |
|
Text
14191019_publishing_agreement.pdf Restricted to Registered users only until 4 May 2026. Download (120kB) | Request a copy |
|
Text
14191019_approval_sheet.pdf Restricted to Registered users only until 4 May 2026. Download (217kB) | Request a copy |
|
Text
14191019_preface.pdf Restricted to Registered users only until 4 May 2026. Download (166kB) | Request a copy |
|
Text
14191019_abstract_id.pdf Restricted to Registered users only until 4 May 2026. Download (193kB) | Request a copy |
|
Text
14191019_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (193kB) | Request a copy |
|
Text
14191019_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (129kB) | Request a copy |
|
Text
14191019_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (142kB) | Request a copy |
|
Text
14191019_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (159kB) | Request a copy |
|
Text
14191019_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (152kB) | Request a copy |
|
Text
14191019_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (391kB) | Request a copy |
|
Text
14191019_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (690kB) | Request a copy |
|
Text
14191019_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (507kB) | Request a copy |
|
Text
14191019_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (116kB) | Request a copy |
|
Text
14191019_bibliography.pdf Restricted to Registered users only until 4 May 2026. Download (119kB) | Request a copy |
|
Text
14191019_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (787kB) | Request a copy |
|
Text
14191019_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (386kB) | Request a copy |
|
Text
14191019_presentation.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
14191019_Form. TA-020.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (142kB) | Request a copy |
Abstract
Proses decommissioning anjungan lepas pantai umumnya menggunakan crane barge structure untuk pengangkatan bagian deck dan jacket. Crane barge menjadi alat yang sangat mahal dan sangat penting saat operasi pengangkatan. Rigging system merupakan penghubung antara jacket structure dan crane barge. Pemilihan desain dari rigging arrangement bergantung pada karakteristik barge, desain dan perilaku struktural jacket selama pengangkatan, dan site parameter. Pemilihan decommissioning barge dengan menggunakan jacket lift system diharapkan dapat membantu mengurangi biaya, risiko, dan efisiensi waktu pada saat proses decommissioning. Analisis dalam mengetahui Response Amplitude Operator (RAO) decommissioning barge diperlukan sebagai perhitungan respon gerak pada barge. Hasil analisis pada respon gerak pada barge dipengaruhi oleh sudut dan frekuensi gelombang. Nilai transfer function semakin kecil seiring dengan bertambahnya frekuensi gelombang pada gerak surge, sway, heave, dan yaw. Pada gerak roll dan pitch menunjukkan kecenderungan yang berfluktuasi. Arah pembebanan pada beam sea dipilih sebagai arah gelombang optimal. Maka, penentuan posisi kritis terdapat pada beam sea yang akan ditinjau sebagai faktor yang mempengaruhi tension pada wire dan sling. Nilai tension pada wire dan sling yang dianalisis adalah kondisi statistik rata-rata berdasarkan arah ???????? dan ???????? berdasarkan variabel penelitian. Tegangan statis dan tegangan dinamis berbeda pada tiap posisi, maka diperlukan perbandingan dengan DAF. Nilai DAF wire berada pada rentang nilai 1,22 - 1,24. Maka, perhitungan dari DAF dapat ditinjau aman untuk setiap kondisi ???????? dan ???????? saat nilai perhitungan DAF tidak melebihi kriteria yang sudah ditentukan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Kelautan |
Depositing User: | Febiola Siregar |
Date Deposited: | 22 Dec 2023 06:55 |
Last Modified: | 22 Dec 2023 06:55 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/20632 |
Actions (login required)
View Item |