PERAMALAN BEBAN PENRERNGAN KAPAL TUGBOAT 16 METER BERDASARKAN STANDAR PENCAHAYAAN RUANGAN ABS (AMERICAN BUREAU OF SHIPPING)

Islam Pratama, Fajrul (2024) PERAMALAN BEBAN PENRERNGAN KAPAL TUGBOAT 16 METER BERDASARKAN STANDAR PENCAHAYAAN RUANGAN ABS (AMERICAN BUREAU OF SHIPPING). Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimnatan.

[img] Text
09191024_Cover.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
09191024_Statement_of_Authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
09191024_Publishing_Agreement.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
09191024_Approval_Sheet.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
09191024_Preface.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
09191024_Abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text
09191024_Abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text
09191024_Table_of_Content.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
09191024_Illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text
09191024_Tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2024.

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text
09191024_Notations.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text
09191024_Chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
09191024_Chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
09191024_Chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text
09191024_Chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
09191024_Conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
09191024_Bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
09191024_Enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
09191024_Paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
09191024_Presentation.pdf
Restricted to Registered users only until 4 May 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
09191024_Form TA-020.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (394kB) | Request a copy

Abstract

Kapal Tugboat 16 meter ini adalah kapal tugboat yang di bangun oleh galangan kapal PT. Batola, Untuk saat ini kapal ini masih menggunakan lampu fluorescent sebagai sumber pencahayaan utamanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan penggunaan daya lampu antara lampu fluorescent dengan lampu LED pada sistem penerangan dan juga mengetahui sistem penerangan pada kapal dengan menggunakan standar ruangan ABS (American Bureau of Shipping) pada kapal Tugboat 16 meter ini, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode zonal cavity, metode ini dikenal akurat dikarenakan membagi setiap ruangan menjadi tiga bagian yaitu height ceiling cavity (hcc), height room cavity (hrc), dan height floor cavity (hfc) serta penentuan nilai iluminasi sesuai dengan standar yang telah di tetapkan untuk setiap ruangannya dengan menggunakan standar pencahayaan ruangan ABS (American Bureau of Shipping). Untuk perbandingan daya lampu pada pada kapal Tugboat 16 meter ini, pada kondisi berlayar penggunaan lampu fluorescent sebesar 0.9 kW, sedangkan penggunaan lampu LED pada saat kondisi berlayar sebesar 0.7191 kW, maka mangalami penurunan daya sebesar 20.1%, Untuk penggunaan lampu fluorescent pada saat kondisi masuk dan keluar pelabuhan 0.9 kW, sedangkan penggunaan lampu LED pada saat kondisi masuk dan keluar pelabuhan sebesar 0.67 kW, maka mangalami penurunan daya sebesar 25.2%. Dan untuk penggunaan lampu fluorescent pada saat kondisi berlabuh sebesar 0.9kW. sedangkan penggunaan lampu LED pada saat kondisi berlabuh sebesar 0.81 kW, maka mangalami penurunan daya sebesar 10%. dan pada sistem kelistrikan kapal menggunakan lampu jenis LED daya keseluran adalah sebesar 0.423 kW, sedangkan pada pemggunaan lampu fluorescent daya kesluruhanya adalah 1.12 Kw. Maka dapat di simpulkan dengan menggunakan standar beban penerangan ruangan menurut ABS (American Bureau of Shipping), mangalami penurunan daya sebesar 62.3%.selain itu, metode ini mampu di jadikan rujukan dalam perencanaan distribusi penerangan pada kapal serta dengan adanyan penelitihan ini, lampu LED terbukti lebih hemat daya dibandingkan lampu fluorescent.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan
Depositing User: Fajrul Islam Pratama
Date Deposited: 27 Dec 2023 03:21
Last Modified: 27 Dec 2023 03:21
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/20796

Actions (login required)

View Item View Item