Perancangan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM di UMKM Mie Telor Cap Dua Ayam-submit Jurnal/Seminar

Khalim, Muhamad Nur (2024) Perancangan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM di UMKM Mie Telor Cap Dua Ayam-submit Jurnal/Seminar. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
12201038_cover.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2026.

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
12201038_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2026.

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text
12201038_publishing_agreement.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2026.

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text
12201038_approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2026.

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
12201038_preface.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2026.

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
12201038_abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2026.

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text
12201038_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2026.

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text
12201038_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2026.

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text
12201038_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2026.

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
12201038_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2026.

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text
12201038_notations.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2026.

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text
12201038_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2026.

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text
12201038_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2026.

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text
12201038_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2026.

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text
12201038_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2026.

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text
12201038_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2026.

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text
12201038_bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2026.

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
12201038_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2026.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12201038_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2026.

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
12201038_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2026.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12201038_Form.TA-020.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2026.

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

UMKM Mie Telor Cap Dua Ayam adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri bahan makanan. Hasil fluktuasi angka penjualan yang dilakukan menunjukkan terdapat penurunan pada tahun 2023 di bulan Februari, April, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November dan Desember. Penurunan penjualan yang terjadi disebabkan oleh beberapa faktor seperti strategi pemasaran yang diterapkan masih belum optimal dikarenakan memasarkan produknya masih dengan cara tradisional dan belum inovatif, belum ada promosi yang dilakukan dengan memanfaatkan media sosial untuk memperluas pemasarannya dan jumlah kompetitor saat ini yang semakin bertambah. Untuk mengatasi permasalahan penjualan yang mengalami penurunan maka diperlukan pendekatan dengan metode Strengths, Weaknesses, Oppurtunities and Threats (SWOT) untuk mengidentifikasi faktor internal-eksternal apa saja yang mempengaruhi penurunan penjualan dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) sebagai pengambilan keputusan dari alternatif strategi yang dihasilkan. Hasil analisis SWOT menunjukkan posisi perusahaan berada pada sel I artinya tumbuh dan membangun dengan nilai IFE (3,10) dan EFE (3,22) serta didapatkan 10 strategi alternatif. Kemudian hasil analisis QSPM didapatkan 3 strategi alternatif yang memiliki nilai prioritas tertinggi yaitu mengembangkan inovasi kemasan produk dengan memanfaatkan varian produk baru untuk menghadapi persaingan dengan skor STAS 6,185, meningkatkan promosi produk secara online dan menjalin kerjasama dengan toko atau minimarket untuk menjadi reseller dengan skor STAS 6,09 dan meningkatkan pemasaran secara online dengan memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan varian produk baru dan menaawarkan diskon menarik kepada pelanggan dengan skor STAS 5,895.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Industri
Depositing User: Muhamad Nur Khalim
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:40
Last Modified: 05 Jun 2024 07:40
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/20932

Actions (login required)

View Item View Item