Ismail, Muhammad Bayhaqi Hakim (2025) PERANCANGAN MODEL FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN DAN SOLUSI PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN GOFOOD DI KOTA BALIKPAPAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEM, TREE DIAGRAM, DAN MPE. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
12191050_cover.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2027. Download (89kB) | Request a copy |
|
Text
12191050_statement_of_authenticity.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2027. Download (134kB) | Request a copy |
|
Text
12191050_publishing_agreement.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2027. Download (136kB) | Request a copy |
|
Text
12191050_Approval_Sheet.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2027. Download (211kB) | Request a copy |
|
Text
12191050_preface.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2027. Download (166kB) | Request a copy |
|
Text
12191050_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2027. Download (139kB) | Request a copy |
|
Text
12191050_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2027. Download (138kB) | Request a copy |
|
Text
12191050_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2027. Download (230kB) | Request a copy |
|
Text
12191050_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2027. Download (156kB) | Request a copy |
|
Text
12191050_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2027. Download (216kB) | Request a copy |
|
Text
12191050_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2027. Download (530kB) | Request a copy |
|
Text
12191050_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2027. Download (420kB) | Request a copy |
|
Text
12191050_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2027. Download (539kB) | Request a copy |
|
Text
12191050_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2027. Download (872kB) | Request a copy |
|
Text
12191050_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2027. Download (142kB) | Request a copy |
|
Text
12191050_bibliography.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2027. Download (206kB) | Request a copy |
|
Text
12191050_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2027. Download (795kB) | Request a copy |
|
Text
12191050_presentation.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2027. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
12191050_Form. TA-020.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2027. Download (179kB) | Request a copy |
Abstract
Gojek merupakan salah satu aplikasi layanan transportasi yang berdiri pada tahun 2010 di Jakarta, Indonesia oleh Nadiem Makarim dan rekan-rekannya. Awalnya dimulai sebagai platform layanan ojek online, Nadiem Makarim, CEO dan pendiri Gojek, memulai perusahaan dengan visi untuk membantu mengatasi masalah kemacetan lalu lintas yang sering terjadi di kota-kota besar Indonesia. Gojek menyebar di berbagai daerah salah satunya Balikpapan. Tujuan perusahaan Gojek untuk memberikan solusi transportasi yang mudah diakses bagi masyarakat kota. Salah satu layanan yang di miliki perusahaan Gojek adalah GoFood. GoFood adalah layanan pesan antar makanan (online food delivery) yang memiliki banyak daftar restoran yang telah bekerja sama dengan perusahaan Gojek. Berdasarkan hasil observasi di lapangan yang dilakukan, masih terdapat permasalahan kualitas pelayanan dimana masih ada konsumen yang mendapatkan layanan yang kurang baik. Kemudian masalah mengenai harga, yang didapatkan konsumen GoFood di Balikpapan terbilang cukup mahal dan permasalahan yang sering terjadi juga yaitu permasalahan pada promosi, promosi Gojek di Balikpapan masih sangat jarang karena banyaknya saingan di kota Balikpapan salah satunya GrabFood. Oleh karena itu, tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan antara lain kualitas pelayanan, harga dan promosi serta memberikan solusi peningkatan kepuasan pelanggan GoFood di kota Balikpapan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan bantuan software Lisrel 8.8 untuk menganalisis pengaruh antar variabel sedangkan metode Tree Diagram dan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE) digunakan untuk menentukan solusi peningkatan kepuasan pelanggan. Adapun hasil yang didapatkan berdasarkan uji hipotesis t-value variabel promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai hipotesis t-value 1,04. Berdasarkan hasil tersebut, maka usulan perbaikan yang berhasil dirancang menggunakan tree diagram dan Metode Perbandingan Eksponensial adalah memberikan potongan harga kepada pengguna yang memesan banyak item.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses |
Depositing User: | Muhammad Bayhaqi Hakim Ismail |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 02:02 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 02:02 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/21860 |
Actions (login required)
View Item |