Salsabila, Alfiyyah (2025) Analisis Jalur terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pengguna E-Commerce Shopee (Studi Kasus: Mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan) - Submit Jurnal. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
16211002_cover.pdf Download (135kB) |
|
Text
16211002_statement_of_authenticity.pdf Download (781kB) |
|
Text
16211002_publishing_agreement.pdf Download (838kB) |
|
Text
16211002_approval_sheet.pdf Download (756kB) |
|
Text
16211002_preface.pdf Download (229kB) |
|
Text
16211002_abstract_id.pdf Download (117kB) |
|
Text
16211002_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (181kB) | Request a copy |
|
Text
16211002_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (161kB) | Request a copy |
|
Text
16211002_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (116kB) | Request a copy |
|
Text
16211002_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (118kB) | Request a copy |
|
Text
16211002_notations.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (181kB) | Request a copy |
|
Text
16211002_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (258kB) | Request a copy |
|
Text
16211002_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (426kB) | Request a copy |
|
Text
16211002_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (398kB) | Request a copy |
|
Text
16211002_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (514kB) | Request a copy |
|
Text
16211002_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (947kB) | Request a copy |
|
Text
16211002_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (550kB) | Request a copy |
|
Text
16211002_presentation.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
16211002_form020.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (613kB) | Request a copy |
|
Text
16211002_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (120kB) | Request a copy |
|
Text
16211002_bibliography.pdf Download (127kB) |
Abstract
Industri e-commerce telah berkembang pesat, memudahkan konsumen membeli barang dan jasa secara online. Shopee, sebagai platform e-commerce terpopuler di Indonesia, menarik perhatian generasi Z dengan strategi inovatifnya. Persaingan ketat di industri e-commerce menuntut pemahaman mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pengguna. Variabel yang diamati pada penelitian ini adalah kualitas pelayanan, harga produk, kualitas produk, dan pengalaman berbelanja. Analisis jalur digunakan untuk memodelkan hubungan sebab-akibat antara variabel-variabel tersebut dan menentukan pengaruh langsung serta tidak langsung terhadap loyalitas pengguna. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pengguna aplikasi Shopee di kalangan mahasiswa generasi Z di Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Balikpapan. Data dikumpulkan melalui survei terhadap 98 mahasiswa ITK yang dipilih menggunakan teknik proportional sampling. Responden menjawab kuesioner dengan skala likert terkait kepuasan layanan e-commerce. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan wawasan bagi pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif, meningkatkan kepercayaan pengguna, dan mengoptimalkan pengalaman pengguna e-commerce di luar Pulau Jawa. Dengan memahami preferensi dan perilaku belanja generasi Z, Shopee dan platform e-commerce lainnya dapat merumuskan strategi yang tepat sasaran untuk memenangkan persaingan dan memperkuat loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa variabel kemudahan penggunaan aplikasi memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan Shopee dengan koefisien sebesar 0,299. Variabel yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pengguna Shopee secara langsung adalah kualitas layanan dengan koefisien sebesar 0,424. Sedangkan variabel lainnya, seperti citra merek dan kepuasan pelanggan, memiliki pengaruh lebih kecil. Kata kunci : Analisis Jalur, E-Commerce, Generasi Z, Kepuasan Pengguna, Loyalitas Pengguna
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Statistik |
Depositing User: | Alfiyyah Salsabila |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 04:02 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 04:02 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/22141 |
Actions (login required)
View Item |