Evaluasi Kinerja Lalu Lintas dan Solusi Penanganannya (Studi Kasus: Jalan Marsma R. Iswahyudi, Kelurahan Sepinggan)

Alviazizah, Felly (2025) Evaluasi Kinerja Lalu Lintas dan Solusi Penanganannya (Studi Kasus: Jalan Marsma R. Iswahyudi, Kelurahan Sepinggan). Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
07201027_Cover.pdf

Download (52kB)
[img] Text
07201027_statement_of_authenticity.pdf

Download (257kB)
[img] Text
07201027_publishing_agreement.pdf

Download (130kB)
[img] Text
07201027_approval_sheet.pdf

Download (256kB)
[img] Text
07201027_preface.pdf

Download (184kB)
[img] Text
07201027_abstract_id.pdf

Download (68kB)
[img] Text
07201027_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text
07201027_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text
07201027_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text
07201027_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
07201027_notations.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text
07201027_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
07201027_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text
07201027_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (936kB) | Request a copy
[img] Text
07201027_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
07201027_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
07201027_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
07201027_bibliography.pdf

Download (197kB)
[img] Text
07201027_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text
07201027_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
07201027_form020.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (28kB) | Request a copy

Abstract

Jalan Marsma R. Iswahyudi yang terletak di Kelurahan Sepinggan, Kota Balikpapan sering mengalami kemacetan akibat adanya kegiatan sisi jalan yaitu kendaran berhenti, on street parking, kendaraan keluar-masuk sisi jalan, dan perdagangan di pinggir jalan dan secara langsung mempengaruhi penurunan kecepatan perjalanan di bawah kecepatan yang ditetapkan untuk arteri primer yaitu 60 km/jam. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data volume, kecepatan kendaraan, dan frekuensi hambatan samping pukul 06.30-09.30, 11.00-14.00, 16.00-19.00, dan 19.00-22.00 WITA di hari Senin, Selasa, Sabtu, dan Minggu. Hasil volume lalu lintas menunjukkan volume puncak hari Senin yaitu 6455 kend/jam jam 06.45-07.45, Selasa 5906 kend/jam jam 06.45-07.45, Sabtu 4315 kend/jam jam 17.00-18.00, dan Minggu 3902 kend/jam jam 16.45-17.45. Frekuensi hambatan samping di keempat hari pengamatan berada di kelas sangat tinggi, yang mana frekuensi tertinggi yaitu segmen Gang SMK 1 Senin siang sebanyak 722 hambatan/jam (508,2 hambatan/jam setelah dikali bobot). Kecepatan kendaraan rata-rata tertinggi dicapai oleh setiap kendaraan yaitu MC dan LV di hari Senin berturut-turut 38,19 km/jam, dan 32,64 km/jam, serta pada HV di hari Selasa 30,17 km/jam. Permodelan mikroskopis yang telah divalidasi oleh uji GEH menunjukkan kecepatan ruas jalan arah ke bandara 31,55 km/jam dan arah ke Batakan 30,17 km/jam dan kategori tingkat pelayanan jalan E. Panjang antrian yang tercatat yaitu arah bandara 2,49 meter dan arah ke Batakan 7,11 meter. Analisis penerapan solusi terbaik untuk meningkatkan kecepatan dan menurunkan panjang antrian adalah pembatasan akses u-turn untuk kendaraan roda dua (MC) pada hari Sabtu dengan kenaikan kecepatan 0,19% dan penurunan antrian 9,43%. Tidak ada kinerja jalan yang masuk ke dalam range hipotesis awal yaitu 5-40%, melainkan lebih rendah yaitu 0,19-45,91%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Felly Alviazizah
Date Deposited: 14 Jan 2025 03:13
Last Modified: 14 Jan 2025 03:13
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/22154

Actions (login required)

View Item View Item