Analisis Strategi Pemasaran Produk Dengan Metode SWOT Dan AHP Pada Depot Bingka Kentang Stalkuda

Asrori, Muhammad Mirojul (2025) Analisis Strategi Pemasaran Produk Dengan Metode SWOT Dan AHP Pada Depot Bingka Kentang Stalkuda. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
12181041_cover.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
12181041_abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
12181041_presentation_.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
12181041_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
12181041_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12181041_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12181041_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text
12181041_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
12181041_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
12181041_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text
12181041_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
12181041_bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
12181041_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
12181041_preface.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
12181041_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
12181041_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text
12181041_publishing_agreement.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (359kB) | Request a copy

Abstract

Depot Bingka Kentang Stalkuda merupakan salah satu UMKM di kota Balikpapan yang bergerak dalam usaha kuliner tradisional, usaha ini telah berdiri sejak tahun 1998. Meski memiliki cita rasa khas dan konsistensi kualitas, usaha ini mengalami pengembagan yang stagnan sejak tahun 2008 dimana tidak terlihatnya perubahan fisik tempat usaha serta terjadinya penurunan penjualan dalam beberapa waktu terakhir. Permasalahan utama terletak pada strategi pemasaran yang belum optimal, yang menyebabkan tingginya produk tidak terjual dan kerugian usaha. Dalam upaya meningkatkan daya saing produk di Depot Bingka Kentang Stalkuda, perlu dilakukan suatu perumusan terhadap strategi pemasaran yang tepat agar tidak terjadi penurunan penjualan produk di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat guna meningkatkan daya saing dan penjualan produk dengan metode penelitian yang digunakan untuk penentuan strategi berupa metode Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT) yang digunakan untuk melakukan analisis faktor internal dan eksternal dari usaha, metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan menggunakan aplikasi expert choice untuk menentukan hirarki strategi yang telah tersedia. Hasil analisis yang didapatkan menggunakan SWOT berupa 10 alternatif strategi dan dengan penggunaan AHP didapatkan prioritas strategi secara berurutan 6-4-2-8-7-10-3-5- 9-1. Strategi yang menjadi pilihan utama untuk diterapkan pada Depot Bingka Kentang Stalkuda adalah strategi 6 dengan nilai bobot gabungan sebesar 0.308 yaitu memaksimalkan pemasaran dengan menggunakan sosial media untuk memperluas pangsa pasar agar dapat menjamah konsumen baru baik sebagai konsumsi dalam daerah maupun menjadi oleh-oleh.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Industri
Depositing User: Muhammad Mirojul Asrori
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:37
Last Modified: 02 Jul 2025 07:37
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/22629

Actions (login required)

View Item View Item