Montissa, Riola (2025) Studi Eksperimental Rolling Resistance Pada 3D Printed Airless Tyre Dengan Variasi Infill Pattern - Submit Jurnal/Seminar. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
![]() |
Text
03211075_cover.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
03211075_statement_of_authenticity.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
03211075_publishing_agreement.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
03211075_approval_sheet.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
03211075_preface.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
03211075_abstract_id.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
03211075_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (371kB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211075_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (266kB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211075_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (255kB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211075_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (248kB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211075_notations.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (326kB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211075_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (305kB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211075_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (948kB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211075_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (987kB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211075_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211075_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (340kB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211075_bibliography.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
03211075_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (963kB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211075_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (544kB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211075_presentation.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211075_Form. TA-020.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (360kB) | Request a copy |
Abstract
Penggunaan kendaraan listrik di Indonesia meningkat hingga mencapai 81.525 unit. Sepeda listrik menjadi salah satu yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat, mulai dari aktivitas harian, dagang, hingga jasa. Motor listrik tipe hub drive yang terhubung langsung menjadi salah satu faktor yang memengaruhi performa hambatan gelinding (rolling resistance) yang akan berakibat pada konsumsi energi kendaraan. Penggunaan ban udara berpotensi mengalami kempes dan kebocoran yang tentu akan memengaruhi performa tersebut. Airless tyre menjadi suatu solusi yang kerap dikembangkan dalam menghadapi tantangan tersebut seiring berkembangnya sektor industri manufaktur. Proses manufaktur 3D printing kerap dikembangkan dalam pembuatan airless tyre karena produksi tergolong mudah. Penelitian ini bermaksud untuk meneliti bagaimana pencetakan airless tyre dengan 3D print Fused Deposition Manufacturing (FDM) serta performa rolling resistance airless tyre, dengan memvariasikan parameter infill pattern yang dimanfaatkan sebagai pengganti tekanan udara pada ban. Variasi infill pattern yang digunakan adalah infill pattern grid, cubic, dan octet yang memiliki kepadatan kisi cukup baik untuk pembebanan tinggi. Performa rolling resistance diperoleh dari nilai gaya hambat dan koefisien rolling resistance yang diuji dengan metode coast-down. Pada pencetakan airless tyre dengan 3D print FDM diperoleh bahwa parameter proses yang ditentukan harus kerap disesuaikan dengan kondisi desain dan proses aktual pencetakan. Pada pencetakan ini, sudut overhang dari desain menjadi tantangan untuk menghasilkan prototipe dengan baik. Rolling resistance airless tyre, dengan variasi infill pattern, secara berurutan dari yang terendah ke tertinggi adalah, Airless tyre octet, grid, lalu cubic. Dengan perolehan nilai gaya hambat rata-rata, yaitu sebesar -0,456 kg.m/s^2, -4,480 kg.m/s^2, dan -7,146 kg.m/s^2. Serta koefisien rolling resistance sebesar 0,0018; 0,0092; dan 0,015. Perbedaan nilai tersebut diperkirakan disebabkan karena pengaruh struktur infill pattern berdasarkan tekanan tapak dan deformasi yang dihasilkan ketika menopang beban. Kata Kunci: Airless Tyre, Infill Pattern, Rolling Resistance, 3D Printing
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin |
Depositing User: | Riola Montissa - |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 02:03 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 02:03 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/22717 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |