Dinul Koyyimah, Putri (2025) Analisis Keselamatan pada Proses Sandar Kapal RoRo Jenis LCT dengan Metode FMEA dan Fuzzy FMEA_Submit Jurnal. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
![]() |
Text
14211019_cover.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
14211019_statement_of_authenticity.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text
14211019_publishing_agreement.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
14211019_approval_sheet.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
14211019_preface.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
14211019_abstract_id.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
14211019_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (278kB) | Request a copy |
![]() |
Text
14211019_tabel_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (258kB) | Request a copy |
![]() |
Text
14211019_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (223kB) | Request a copy |
![]() |
Text
14211019_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (218kB) | Request a copy |
![]() |
Text
14211019_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (336kB) | Request a copy |
![]() |
Text
14211019_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (999kB) | Request a copy |
![]() |
Text
14211019_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (488kB) | Request a copy |
![]() |
Text
14211019_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (409kB) | Request a copy |
![]() |
Text
14211019_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (273kB) | Request a copy |
![]() |
Text
14211019_bibliography.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
14211019_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (955kB) | Request a copy |
![]() |
Text
14211019_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (573kB) | Request a copy |
![]() |
Text
14211019_FORM. TA-020.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (411kB) | Request a copy |
![]() |
Text
14211019_presentation.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
14211019_cover.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
14211019_cover.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
14211019_FORM.TA-020.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (289kB) | Request a copy |
![]() |
Text
14211019_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (571kB) | Request a copy |
Abstract
Proses sandar RoRo (Roll on/Roll of)di Perusahaan X memiliki potensi risiko tinggi yang dapat membahayakan keselamatan personel, kapal, dan infrastruktur pelabuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keselamatan dalam proses sandar kapal RoRo jenis Landing Craft Tank (LCT), untuk mencapai tujuan tersebut metode yang digunakan adalah Failure Mode and Effects Analysis (FMEA) dan fuzzy FMEA. Metode FMEA digunakan untuk mengidentifikasi potensi kegagalan dan menghitung nilai Risk Priority Number (RPN) berdasarkan tiga parameter: occurrence, severity, dan detection. Hasil analisis FMEA menunjukkan bahwa tiga risiko utama dengan nilai RPN tertinggi adalah membuka akses kendaraan code D20 (RPN = 50) pemasangan safety cone (RPN = 48). Ketiga risiko ini tergolong kritis karena sering terjadi, berdampak besar, dan sulit dideteksi. Untuk mengurangi subjektivitas penilaian dilakukan analisis lanjutan menggunakan fuzzy FMEA. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perubahan prioritas risiko, di mana kode risiko D20 (membuka akses kendaraan) menjadi risiko tertinggi dengan FPRN = 134, diikuti oleh A8 (safety cone) dan C18 (akses kendaraan). Pengendalian risiko disusun berdasarkan pendekatan hirarki pengendalian, dimulai dari eliminasi hingga penggunaan APD. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang diisi sembilan responden dari k3 medis, roro officer, dan HSE. Hasil menunjukkan FMEA mampu mengidentifikasi dan memprioritaskan risiko dengan nilai RPN, sementara fuzzy FMEA memberikan hasil FPRN yang lebih objektif dan akurat. Integrasi kedua metode menghasilkan analisis risiko yang lebih komprehensif dan mendukung rekomendasi pengendalian risiko dalam proses sandar kapal RoRo di Perusahaan X.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Kelautan |
Depositing User: | Putri Dinul Koyyimah |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 00:14 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 00:14 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/22997 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |