Riza, Muhammad Zulvan (2025) Analisis Laju dan Pola Sebaran Emisi CO dan NOx pada Segmentasi Jalan di Kawasan Kampus ITK dengan Gaussian Line Source. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
![]() |
Text
13211041_Cover.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (271kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211041_Publishing_Agreement.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (88kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211041_Approval_Sheet.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (112kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211041_Preface.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (161kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211041_Abstract_ID.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (95kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211041_Abstract_EN.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (88kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211041_Table_of_Content.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (84kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211041_Illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (62kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211041_Tables.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (61kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211041_Chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (112kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211041_Chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (201kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211041_Chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (570kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211041_Chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211041_Conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (111kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211041_Bibliography.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (124kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211041_Enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (573kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211041_Paper.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211041_Presentation.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211041_Form. TA-020.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (38kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211041_statement_of_authenticity.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Pencemaran udara akibat emisi kendaraan bermotor merupakan penyebab utama penurunan kualitas udara yang berdampak negatif terhadap kesehatan dan lingkungan. Kota Balikpapan, kota dengan jumlah penduduk terbanyak ketiga di Kalimantan Timur, mengalami peningkatan populasi dari 703.611 jiwa pada tahun 2022 menjadi 738.532 jiwa pada tahun 2023. Seiring dengan itu, jumlah kendaraan bermotor naik dari 601.273 unit menjadi 634.076 unit. Peningkatan ini juga terjadi di lingkungan Institut Teknologi Kalimantan (ITK), di mana jumlah civitas akademika bertambah dari 4.385 menjadi 5.360 jiwa dari tahun 2022 ke tahun 2023, yang secara langsung mendorong peningkatan penggunaan kendaraan bermotor di area kampus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis laju dan pola sebaran emisi CO dan NOx pada segmentasi jalan di kawasan kampus ITK menggunakan model Gaussian Line Source, serta merumuskan strategi pengendalian pencemaran udara melalui pendekatan SWOT. Data yang digunakan meliputi jumlah kendaraan, tinggi knalpot, kondisi meteorologi, serta titik sebaran yang dipetakan menggunakan perangkat lunak sigmaplot. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa konsentrasi emisi CO dan NOx tertinggi terjadi pada Segmen 1 (jalan utama), dengan laju emisi CO sebesar 19,80 kg/jam dan NOx sebesar 0,45 kg/jam, serta konsentrasi sebaran tertinggi mencapai 0,503 µg/m³ untuk CO dan 0,012 µg/m³ untuk NOx. Pada Segmen 2, laju emisi CO sebesar 1,96 kg/jam dan NOx sebesar 0,05 kg/jam, dengan konsentrasi sebaran tertinggi CO sebesar 0,040 µg/m³ dan NOx sebesar 0,001 µg/m³. Sementara itu, Segmen 3 mencatat laju emisi CO sebesar 11,33 kg/jam dan NOx sebesar 0,25 kg/jam, dengan konsentrasi sebaran tertinggi CO sebesar 0,286 µg/m³ dan NOx sebesar 0,006 µg/m³. Pola sebaran menunjukkan penurunan konsentrasi emisi seiring bertambahnya jarak dari sumber. Analisis SWOT menghasilkan beberapa strategi pengendalian, seperti pemanfaatan RTH yang ada di wilayah kampus ITK, penambahan lahan parkir terpadu untuk membatasi mobilitas kendaraan di wilayah kampus ITK dan melakukan kerja sama dengan pihak luar untuk melakukan penambahan akses transportasi umum menuju kampus ITK.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
Divisions: | Jurusan Ilmu Kebumian dan Lingkungan > Teknik Lingkungan |
Depositing User: | Muhammad Zulvan Riza |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 06:19 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 06:19 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/23238 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |