Apriliana, Nandiva Anindhia (2025) Evaluasi Tingkat Pelayanan (Level of Service) pada Bus Balikpapan City Trans (BACITRA). Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
![]() |
Text
07211062_cover.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (289kB) | Request a copy |
![]() |
Text
07211062_ statement_of_authenticity.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (316kB) | Request a copy |
![]() |
Text
07211062_publishing_agreement.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (913kB) | Request a copy |
![]() |
Text
07211062_approval_sheet.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (377kB) | Request a copy |
![]() |
Text
07211062_preface.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (273kB) | Request a copy |
![]() |
Text
07211062_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (292kB) | Request a copy |
![]() |
Text
07211062_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (227kB) | Request a copy |
![]() |
Text
07211062_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (287kB) | Request a copy |
![]() |
Text
07211062_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (331kB) | Request a copy |
![]() |
Text
07211062_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (361kB) | Request a copy |
![]() |
Text
07211062_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
07211062_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
07211062_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (772kB) | Request a copy |
![]() |
Text
07211062_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
07211062_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (292kB) | Request a copy |
![]() |
Text
07211062_bibliography.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (261kB) | Request a copy |
![]() |
Text
07211062_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
07211062_presentations.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
07211062_form020.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (282kB) | Request a copy |
Abstract
Bus Balikpapan City Trans (BACITRA) merupakan suatu moda transportasi publik berbasis Bus Rapid Transit (BRT) yang diberikan oleh Pemerintah Kota Balikpapan dalam mengatasi permasalahan kemacetan yang ada di Kota Balikpapan. Namun demikian layanan bus BACITRA masih terdapat beberapa permasalahan seperti headway tidak menentu, kapasitas penumpang yang terbatas, serta terdapat kurangnya fasilitas yang memadai di bus stop/shelter. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi tingkat pelayanan (Level of Service) pada bus Balikpapan City Trans. Tingkat pelayanan pada BRT mencakup aspek ketersediaan dan kenyamanan pengguna. Data penelitian diperoleh melalui survey lapangan, penyebaran kuesioner kepada pengguna BACITRA, dan wawancara dengan pihak terkait. Metode penelitian ini menggunakan metode SERVQUAL (Service Quality) terdiri dari tangibles, assurance, reliability, responsiveness, and empathy. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan acuan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat SK.687/AJ.206/DRJD/2002 dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian ini didapatkan bahwa kategori tingkat pelayanan pada Bus Balikpapan City Trans adalah kategori B dari keseluruhan variabel. Hasil tersebut menunjukkan bahwa perlu dilakukannya peningkatan tingkat pelayanan, seperti melakukan perbaikan terhadap headway dan frekuensi kendaraan Bus Balikpapan City Trans. Kemudian terdapat hasil dari penyebaran kuesioner kepada pengguna Bus Balikpapan City Trans dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) diperoleh empat kuadran berdasarkan kepentingan dan kinerja menurut pengguna terhadap kualitas pelayanan pada Bus Balikpapan City Trans. Hasil evaluasi tersebut kemudian diberikan rekomendasi menggunakan metode triangulasi data yaitu berdasarkan kondisi eksisting, standar peraturan, best practice, dan ahli. Sehingga didapatkan terdapat beberapa rekomendasi, yaitu mengenai fasilitas kenyamanan dan keamanan di halte ataupun kendaraan bus, aksesibilitas khususnya pada pengguna prioritas seperti disabilitas, lansia, ibu hamil dan anak-anak, serta mengenai kinerja operasional.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil |
Depositing User: | Nandiva Anindhia Apriliana |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 00:49 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 00:49 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/23403 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |