Istiqomah, Qonitah (2025) Potensi Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca Kendaraan Pribadi Parameter CO2 Dari Operasional Balikpapan City Trans Koridor A. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
![]() |
Text
13211052_Cover.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (260kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211052_Statement_of_authenticity.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (178kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211052_Publishing_Agreement.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (250kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211052_Approval_Sheet.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (183kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211052_Preface.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (260kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211052_Abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (266kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211052_Abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (304kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211052_Table_Of_Content.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (243kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211052_Illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (198kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211052_Tables.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (199kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211052_Chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (362kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211052_Chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (500kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211052_Chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (586kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211052_Chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (529kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211052_Conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (246kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211052_Bibliography.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (293kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211052_Enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211052_Paper.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (636kB) | Request a copy |
![]() |
Text
13211052_Presentation.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Peningkatan jumlah kendaraan pribadi di Kota Balikpapan berdampak signifikan terhadap peningkatan emisi gas rumah kaca (GRK), khususnya karbon dioksida (CO₂). Untuk mengatasi masalah ini, Pemerintah Kota Balikpapan menghadirkan Balikpapan City Trans (BCT) sebagai moda transportasi umum yang diharapkan dapat mengurangi emisi GRK dari sektor transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuang nilai beban emisi CO₂ dari operasional BCT Koridor A serta potensi reduksi emisi CO₂ akibat berlalunya penggunaan kendaraan pribadi ke BCT pada koridor tersebut. Metode penelitian meliputi observasi lapangan dengan penghitungan lalu lintas untuk menghitung jumlah armada bus yang melintas, serta penyebaran kuesioner kepada pengguna BCT yang sebelumnya menggunakan kendaraan pribadi. Perhitungan emisi menggunakan metode konsumsi bahan bakar sesuai pedoman IPCC 2006 dan faktor emisi yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Hasil menunjukkan emisi CO₂ dari operasional BCT Koridor A mencapai 1.100,785 kg per hari, dengan satu ritasi bus menghasilkan 17,473 kg CO₂. Emisi per individu dari kendaraan pribadi, baik mobil (0,013 kg CO₂/0,6 km) maupun sepeda motor (0,004 kg CO₂/0,6 km), lebih tinggi dibandingkan BCT yang mengangkut banyak penumpang sekaligus. Nilai emisi per orang dipengaruhi oleh jarak tempuh, jenis kendaraan, dan kapasitas penumpang. Oleh karena itu, peningkatan penggunaan transportasi umum seperti BCT dapat menjadi strategi efektif dalam mitigasi emisi GRK di sektor transportasi perkotaan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Jurusan Ilmu Kebumian dan Lingkungan > Teknik Lingkungan |
Depositing User: | nita Qonitah Istiqomah |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 02:21 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 02:21 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/23512 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |