Pratama, Ariel Zakly (2025) Model Chatbot Assistant Kesehatan menggunakan Large Language Model Meta AI (Llama) dengan Pendekatan Retrieval-Augmented Generation - Submit Jurnal. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
![]() |
Text
11211017_cover.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
11211017_statement_of_authenticity.pdf Download (636kB) |
![]() |
Text
11211017_publishing_agreement.pdf Download (697kB) |
![]() |
Text
11211017_approval_sheet.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text
11211017_preface.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
11211017_abstract_id.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
11211017_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (276kB) | Request a copy |
![]() |
Text
11211017_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (342kB) | Request a copy |
![]() |
Text
11211017_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (253kB) | Request a copy |
![]() |
Text
11211017_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (252kB) | Request a copy |
![]() |
Text
11211017_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (481kB) | Request a copy |
![]() |
Text
11211017_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
11211017_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (700kB) | Request a copy |
![]() |
Text
11211017_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (765kB) | Request a copy |
![]() |
Text (11211017_conclusions.pdf)
11211017_chapter_5.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (268kB) | Request a copy |
![]() |
Text
11211017_bibliography.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
11211017_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (300kB) | Request a copy |
![]() |
Text
11211017_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (707kB) | Request a copy |
![]() |
Text
11211017_presentation.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
11211017_Form. TA-020.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (352kB) | Request a copy |
Abstract
Kesehatan merupakan aspek penting yang memungkinkan individu hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Pasca pandemi COVID-19 mempercepat digitalisasi layanan kesehatan, termasuk penggunaan teknologi contactless seperti chatbot. Chatbot berbasis Large Language Models (LLMs) meningkatkan fleksibilitas layanan, tetapi menghadapi tantangan seperti halusinasi dan validitas informasi. Penelitian ini mengembangkan chatbot asisten kesehatan dengan pendekatan Retrieval-Augmented Generation (RAG) untuk mengatasi halusinasi dan memastikan sumber informasi yang valid, dengan menggunakan data dari platform Alodokter sebagai pengetahuan eksternal. Proses retrieval berbasis kesamaan semantik memungkinkan chatbot memberikan jawaban akurat disertai sumber informasi yang dapat diakses pengguna. Evaluasi kinerja chatbot dilakukan menggunakan metrik MRR dan RAGAs. Berdasarkan pengujian melalui 25 pertanyaan, MRR yang didapatkan bernilai 0.92, sedangkan RAGAs mendapatkan faithfulness 0.87, answer relevancy 0.83, context precision 0.83, dan context recall 0.82. Selain menguji performa, LLM yang digunakan yaitu LLaMA, diuji kemampuannya dalam menentukan relevansi pertanyaan dengan informasi yang dimiliki. Berdasarkan 5 pertanyaan relevan dan 5 pertanyaan tidak relevan, LLaMA berhasil menentukan relevansi sesuai label pertanyaan tersebut, sehingga nilai evaluasi f1-score bernilai 1. Penelitian ini diharapkan mengurangi risiko halusinasi, meningkatkan kualitas layanan kesehatan digital, dan dapat menjadi referensi untuk pengembangan chatbot berbasis RAG dengan dataset eksternal yang valid.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Informatika |
Depositing User: | Ariel Zakly Pratama |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 00:17 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 00:17 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/23540 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |