Analisis Risiko Pada Peluncuran Kapal Menggunakan Metode Bowtie Analysis di PT. Barokah Galangan Perkasa

Muhammad, Choirul Yani (2025) Analisis Risiko Pada Peluncuran Kapal Menggunakan Metode Bowtie Analysis di PT. Barokah Galangan Perkasa. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
09211035_cover.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
09211035_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
09211035_cover.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
09211035_publishing_agreement.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
09211035_approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text
09211035_preface.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
09211035_abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
09211035_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
09211035_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
09211035_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text
09211035_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
09211035_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
09211035_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
09211035_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text
09211035_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
09211035_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
09211035_bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
09211035_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
09211035_Form. TA-020.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text
09211035_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
09211035_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
09211035_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Undocking atau peluncuran kapal juga merupakan sebuah proses yang penting untuk keberlangsungan industri galangan kapal. Metode peluncuran yang umumnya digunakan sekarang yaitu menggunakan bantuan balon udara atau lebih dikenal dengan Airbag. Pada proses peluncuran menggunakan airbag merupakan proses yang sangat krusial yang dapat menyebabkan terjadinya kegagalan. Ketika peluncuran kapal gagal maka merugikan pihak pemilik kapal (owner) dan pihak galangan kapal. Tidak hanya menyebabkan kerugian tetapi juga dapat menyebabkan kondisi yang tidak diinginkan yaitu kecelakaan kerja. Untuk menghindari kegagalan dalam suatu proses peluncuran maka harus menggunakan metode manajemen risiko yang mudah dipahami oleh pekerja yang sesuai dengan bidang pekerjaan ataupun pekerja yang lainnya. Metode yang dapat digunakan yaitu Bowtie Analysis yaitu metode ini menggambarkan risiko bahaya, ancaman, kontrol pencegahan, dan konsekuensi dari peristiwa puncak yang akan saja terjadi. Terdapat 21 risiko yang dapat terjadi pada saat proses peluncuran menggunakan balon udara dengan 3 faktor yang menjadi penilaian. Untuk mengetahui berbagai macam risiko pada saat peluncuran maka digunakan perhitungan likelihood dan severity sehingga didapatkan risiko dominan dari 3 faktor yaitu Kerusakan Peralatan, Human Error, dan Lingkungan. Didapatkan risiko dominan pada faktor kerusakan peralatan yaitu Clamps/Clips pada tali baja terlepas dan pada faktor Human Error didapatkan risiko dominan yaitu tidak adanya pelaksanaan inspeksi sebelum peluncuran dilakukan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan
Depositing User: Muhammad Choirul Yani
Date Deposited: 11 Jul 2025 06:07
Last Modified: 11 Jul 2025 06:07
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/23696

Actions (login required)

View Item View Item