Studi Kasus Analisis Kegagalan Komponen Cylinder Head pada Mesin Diesel UNIT 4 PT.PLN (PERSERO) UPK MALUKU, ULPLTD POKA

Dalame, Elwin Dama (2025) Studi Kasus Analisis Kegagalan Komponen Cylinder Head pada Mesin Diesel UNIT 4 PT.PLN (PERSERO) UPK MALUKU, ULPLTD POKA. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
06211022_File Repositorypdf-116-124.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
06211022_cover.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text
06211022_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
06211022_Publishing_agreement.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
06211022_approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
06211022_preface.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
06211022_abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
06211022_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
06211022_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
06211022_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
06211022_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
06211022_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
06211022_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text
06211022_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text
06211022_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06211022_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
06211022_Bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
06211022_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06211022_Paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (857kB) | Request a copy
[img] Text
06211022_Form. TA-20.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Mesin Diesel merupakan mesin dengan prinsip kerja terdiri dari proses pengapian dan kompresi, mesin diesel sendiri menggunakan bahan bakar dan udara yang tercampur didalam mesin sebagai alat penggerak dengan prinsip kerja mesin diesel terdiri dari empat langkah kerja. Kerusakan yang terjadi pada komponen Cylinder Head yang ditandai dengan adanya peringatan High Temperature pada area Jacket Water, yang berujung pada Shutdown Engine. temperatur kerja ekstrem mencapai 491°C hal ini memicu terjadinya deformasi termal dan retakan pada permukaan komponen, Serta berdampak pada kerusakan lanjutan pada Cylinder Insert Valve dan Valve Intake. Tujuan utama pada penelitian ini yaitu, mengidentifikasi akar utama penyebab dan mekanisme kegagalan yang terjadi melalui pendekatan Fault Tree Analysis (FTA), serta pengujian karakterisitik material secara mikrostruktur dan makroskopik. Adapun Metodologi yang digunakan meliputi Pengujian Visual, Pengujian X – Ray Diffraction (XRD), Metallography Test dan Hardness Test. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dan mengevaluasi struktur mikro dan sifat mekanis komponen yang terdampak. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kegagalan dipicu oleh kelelahan termal (Thermal Fatigue) dan distribusi temperatur yang tidak merata di area ruang bakar dan area jembatan katup. Retakan cenderung muncul pada area batas antara Grafit dan Ferit, yang melemah akibat paparan temperatur tinggi dan akumulasi tegangan sisa. Selain itu,nilai kekerasan material yang terdampak gagal menunjukkan penurunan dibandingkan area yang tidak gagal, hal ini mengindikasikan adanya degradasi sifat mekanis akibat pembebanan termal . Kata Kunci : Cylinder Head, Thermal Fatigue, Fault Tree Analysis, Metallography Test, X – Ray Diffraction (XRD) dan Hardness Test

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Jurusan Ilmu Kebumian dan Lingkungan > Teknik Material dan Metalurgi
Depositing User: Elwin Dama Dalame
Date Deposited: 14 Jul 2025 00:46
Last Modified: 14 Jul 2025 00:46
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/24227

Actions (login required)

View Item View Item