Dalame, Elwin Dama (2025) Studi Kasus Analisis Kegagalan Komponen Cylinder Head pada Mesin Diesel UNIT 4 PT.PLN (PERSERO) UPK MALUKU, ULPLTD POKA. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
![]() |
Text
06211022_File Repositorypdf-116-124.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (274kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06211022_cover.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (61kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06211022_statement_of_authenticity.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (381kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06211022_Publishing_agreement.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (480kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06211022_approval_sheet.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (335kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06211022_preface.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (258kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06211022_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (209kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06211022_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (203kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06211022_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (313kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06211022_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (300kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06211022_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (278kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06211022_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (332kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06211022_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (718kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06211022_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (676kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06211022_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
06211022_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (184kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06211022_Bibliography.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (274kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06211022_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
06211022_Paper.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (857kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06211022_Form. TA-20.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (316kB) | Request a copy |
Abstract
Mesin Diesel merupakan mesin dengan prinsip kerja terdiri dari proses pengapian dan kompresi, mesin diesel sendiri menggunakan bahan bakar dan udara yang tercampur didalam mesin sebagai alat penggerak dengan prinsip kerja mesin diesel terdiri dari empat langkah kerja. Kerusakan yang terjadi pada komponen Cylinder Head yang ditandai dengan adanya peringatan High Temperature pada area Jacket Water, yang berujung pada Shutdown Engine. temperatur kerja ekstrem mencapai 491°C hal ini memicu terjadinya deformasi termal dan retakan pada permukaan komponen, Serta berdampak pada kerusakan lanjutan pada Cylinder Insert Valve dan Valve Intake. Tujuan utama pada penelitian ini yaitu, mengidentifikasi akar utama penyebab dan mekanisme kegagalan yang terjadi melalui pendekatan Fault Tree Analysis (FTA), serta pengujian karakterisitik material secara mikrostruktur dan makroskopik. Adapun Metodologi yang digunakan meliputi Pengujian Visual, Pengujian X – Ray Diffraction (XRD), Metallography Test dan Hardness Test. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dan mengevaluasi struktur mikro dan sifat mekanis komponen yang terdampak. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kegagalan dipicu oleh kelelahan termal (Thermal Fatigue) dan distribusi temperatur yang tidak merata di area ruang bakar dan area jembatan katup. Retakan cenderung muncul pada area batas antara Grafit dan Ferit, yang melemah akibat paparan temperatur tinggi dan akumulasi tegangan sisa. Selain itu,nilai kekerasan material yang terdampak gagal menunjukkan penurunan dibandingkan area yang tidak gagal, hal ini mengindikasikan adanya degradasi sifat mekanis akibat pembebanan termal . Kata Kunci : Cylinder Head, Thermal Fatigue, Fault Tree Analysis, Metallography Test, X – Ray Diffraction (XRD) dan Hardness Test
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Jurusan Ilmu Kebumian dan Lingkungan > Teknik Material dan Metalurgi |
Depositing User: | Elwin Dama Dalame |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 00:46 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 00:46 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/24227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |