ANALISIS STABILITAS KM. REJEKI BARU KHARISMA RUTE TARAKAN – TANJUNG SELOR MENGGUNAKAN MAXSURF

Zulkarnaen, Zen (2020) ANALISIS STABILITAS KM. REJEKI BARU KHARISMA RUTE TARAKAN – TANJUNG SELOR MENGGUNAKAN MAXSURF. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
09151035_cover.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09151035_abstract_id.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text
09151035_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
09151035_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
09151035_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
09151035_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
09141008_bibliography.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Terbaliknya KM. Rejeki Baru Kharisma rute Tarakan – Tanjung Selor yang mengangkut 55 penumpang dengan muatan barang di top deck mengalami kecelakan tidak jauh dari dermaga SDF Kota Tarakan. KNKT menyatakan kapal tersebut overload. Tujuan penelitian ini mengetahui penyebab terbaliknya kapal ditinjau dari kelayakan keseimbangan kapal. Metode yang digunakan yakni ship basic data dengan bantuan software maxurf. Hasil penelitian didapatkan bahwa muatan barang yang diletakkan di top deck berdasarkan kriteria Intact Stability sebagai berikut ; area 0 to 30 ≥ 3,1513 m.deg dengan nilai fakta di lapangan 0.9417 m.deg (Fail), area 0 to 40 ≥5,1566 m.deg dengan nilai sebenarnya 1.0200 m.deg (Fail), area 30 to 40 ≥1.7189 m.deg dengan nilai fakta di lapangan 0.0783 m.deg (Fail), max GZ at 30 or greater ≥0.200 m dengan nilai fakta di lapangan 0.029 m (Fail), angle of maximum GZ ≥25.0 Deg dengan nilai fakta di lapangan 21.8 Deg (Fail), initial GMt ≥0.150 m dengan nilai fakta di lapangan 0.135 m (Fail), hasil menyatakan semua tidak memenuhi kriteria Intact Stability code A.749. Sedangkan hasil penelitian didapatkan bahwa muatan barang yang diletakkan di top deck berdasarkan Intact Stability sebagai berikut ; area 0 to 30 ≥ 3,1513 m.deg dengan nilai fakta di lapangan 4.5338 m.deg (Pass), area 0 to 40 ≥5,1566 m.deg dengan nilai sebenarnya 7.1643 m.deg (Pass), area 30 to 40 ≥1.7189 m.deg dengan nilai fakta di lapangan 2.6305 m.deg (Pass), max GZ at 30 or greater ≥0.200 m dengan nilai fakta di lapangan 0.265 m (Pass), angle of maximum GZ ≥25.0 Deg dengan nilai fakta di lapangan 34.5 Deg (Pass), initial GMt ≥0.150 m dengan nilai fakta di lapangan 0.621 m (Pass), hasil menyatakan semua telah memenuhi kriteria Intact Stability code A.749.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 23 Mar 2020 09:09
Last Modified: 08 Sep 2021 21:57
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/252

Actions (login required)

View Item View Item