KOMPARASI PERFORMA MANUVER ANTARA DAUN KEMUDI TIPE KONVENSIONAL DENGAN DAUN KEMUDI TIPE SINGLE PLATE PADA KAPAL SPOB. DMLD 01 MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC

Aprilianto, Muharom (2020) KOMPARASI PERFORMA MANUVER ANTARA DAUN KEMUDI TIPE KONVENSIONAL DENGAN DAUN KEMUDI TIPE SINGLE PLATE PADA KAPAL SPOB. DMLD 01 MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
09161052_cover.pdf.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09161052_abstract_id.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
09161052_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
09161052_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
09161052_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
09161052_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
09161052_bibliography.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
09161052_bibliography.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan manuver pada suatu kapal dipengaruhi oleh tipe rudder. Dari setiap tipe rudder seperti Single Plate dan NACA 0018 tentunya memiliki karakteristik dan kemampuan manuver yang berbeda. Tujuan dari dari penelitian ini adalah untuk membandingkan nilai lift force dari rudder tipe Single Plate yang telah digunakan pada kapal SPOB. DMLD 01 dengan rudder NACA 0018 dengan menggunakan software Computational Fluid Dynamic (CFD). Sedangkan kemampuan manuver dihitung berdasarkan persamaan Clark. Perbandinan ini berdasarkan pada variasi sudut 0o, 10o, 20o, 30o, dan 35o. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, pada rudder NACA 0018 memiliki kemampuan manuver yang lebih baik pada variasi sudut 10o dan 20o dengan nilai coefficient lift sebesar 0.3583 dan 0.6292, dan dengan nilai Steady Turning Diameter (STD) sebesar 163.27 m dan 46.49 m. Sedangkan pada rudder Single Plate memiliki kemampuan manuver yang lebih baik pada variasi sudut 30o dan 35o dengan nilai coefficient lift sebesar 0.5794 dan 0.6283, dan dengan nilai STD sebesar 28.29 m dan 22.36 m.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 23 Mar 2020 09:37
Last Modified: 07 Sep 2021 03:33
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item View Item