Nurvaida, Vina (2020) ANALISIS PERBANDINGAN HASIL METODE WEBSTER DAN LOGIKA FUZZY PADA OPTIMASI SISTEM KENDALI LALU LINTAS. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
|
Text
02161033_cover.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
02161033_abstract_id.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
02161033_chapter_1.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
02161033_chapter_2.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
02161033_chapter_3.pdf Download (122kB) | Preview |
|
Text
02161033_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
||
|
Text
02161033_bibliography.pdf Download (139kB) | Preview |
|
Text
02161033_paper.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Lalu lintas didefinisikan sebagai gerak kendaraan dan orang di suatu ruas jalan. Salah satu permasalahan yang biasa terjadi di lalu lintas, yaitu kemacetan yang disebabkan oleh bertambahnya jumlah kendaraan yang beroperasi pada suatu waktu dan menumpuk di titik tertentu. Di lain pihak, lampu lalu lintas berfungsi mengatur jumlah volume kendaraan di tiap persimpangan jalan sehingga penggunaan jalan raya dapat dimaksimalkan dengan tujuan meminimalkan kemacetan. Namun yang seringkali terjadi adalah kemacetan berada di persimpangan jalan dengan durasi lampu lalu lintas yang tidak sesuai dengan volume kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan durasi waktu lampu lalu lintas menyala dengan menggunakan metode Webster dan Logika Fuzzy serta menyelidiki keefektifan dari metode–metode yang dipilih. Efektifitas metode tersebut diukur dengan menggunakan MAPE dan diperoleh hasil bahwa metode Logika Fuzzy memberikan durasi yang lebih efektif dibandingkan metode Webster.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan ITK |
Date Deposited: | 19 Oct 2020 02:16 |
Last Modified: | 13 Aug 2021 02:22 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/280 |
Actions (login required)
View Item |