RANCANG BANGUN PESAWAT TANPA AWAK TAIL TWIN BOOM DENGAN PENGUJIAN MANUVER UNTUK MENGETHAUI PENGARUH THROTTLE TERHADAP WAKTU TEMPUH, ALTITUDE DAN DIAMETER BANKING

Pradana, Abi Vilan (2020) RANCANG BANGUN PESAWAT TANPA AWAK TAIL TWIN BOOM DENGAN PENGUJIAN MANUVER UNTUK MENGETHAUI PENGARUH THROTTLE TERHADAP WAKTU TEMPUH, ALTITUDE DAN DIAMETER BANKING. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
03161003_cover.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161003_abstract_id.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161003_chapter_1.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161003_chapter_2.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text
03161003_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
03161003_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
03161003_bibliography.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text
03161003_paper.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

UAV atau pesawat tanpa awak adalah sebuah model baru di bidang kedirgantaraan saat ini karena UAV dapat dikontrol dari jarak jauh menggunakan remote control dari luar pesawat atau dapat bergerak sendiri secara otomatis program yang sudah ditanamkan pada sistem komputernya. Ketika terbang secara otomatis pesawat harus dapat bermanuver mengikuti lintasan waypoint yang telah diprogram melalui komputer. Sementara UAV berjenis Fixed Wing khususnya pesawat Tail Twin Boom digunakan untuk misi yang harus dituntut memiliki daya tahan tinggi saat terbang, maka pesawat ini harus di desain dan dirancang dengan teliti agar dapat menjalankan misinya dengan baik. Saat terbang dan bermanuver, altitude harus bisa dijaga oleh pesawat agar tidak terjadi pertambahan waktu tempuh dan juga diameter banking. Diameter banking sendiri adalah hal yang tidak ingin terjadi pada pesawat ketika bermanuver karena dapat mengakibatkan pemborosan mulai dari waktu tempuh sampai sumber daya baterai. Ketika pesawat bermanuver akan dipengaruhi oleh kecepatan terbangnya. Kecepatan terbang ini dikontrol oleh kendali jarak jauh dinamakan throttle, maka dari itu tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mendesain dan merancang bangun pesawat tanpa awak Tail Twin Boom, mengeganalisis pengaruh trottle terhadap waktu tempuh, altitude dan diameter banking. Hasil desain dan struktur, pesawat memiliki lift dan CL sebesar 9,879 N dan 0,3035 dengan airfoil NACA 4412. Ketika pengujian manuver waktu tempuh untuk throttle 75% adalah 73,33s lebih cepat dari throttle 50% yang sebesar 85,22s. Untuk pengaruh altitude memiliki nilai minimum dan maksimum perubahan altitude di throttle 75% sebesar 25,369m dan 36,395m dan di throttle 50% sebesar 25,547m dan 35,437m. Selain itu, trendline linear untuk altitude di throttle 75% cenderung naik yang artinya pesawat pada throttle tersebut lebih stabil untuk menjaga ketinggiannya. Untuk diameter banking tidak terjadi pada pengujian manuver ini, maka dengan demikian pesawat telah didesain dan dirancang mampu bermanuver dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 20 Oct 2020 06:04
Last Modified: 14 Dec 2021 06:31
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item View Item