ANALISIS PERFORMA ENDURANCE PESAWAT UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV) TAIL TWIN BOOM

Peratama, Irfan (2020) ANALISIS PERFORMA ENDURANCE PESAWAT UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV) TAIL TWIN BOOM. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
03161030_Cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161030_Abstrak ID.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161030_Chapter 1.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161030_Chapter 2.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161030_Chapter 3.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
03161030_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
03161030_Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
03161030_Bibliography.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text
03161030_Paper.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Unmanned Aerial Vehicle (UAV) merupakan pesawat udara tanpa awak yang dikendalikan dari jarak yang jauh dengan radio kontrol atau sistem auto sebagai alat pengendali. UAV dapat dikendalikan dalam misi penerbangan oleh pilot secara otomatis. Prestasi terbang yang dimiliki sebuah UAV dapat dikatakan baik apabila waktu tempuh (endurance) yang dihasilkan bernilai besar. Endurance merupakan parameter prestasi terbang pesawat sebagai panjang waktu terbang pesawat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui performa endurance secara teoretis, pengaruh kecepatan terhadap endurance dan pengaruh endurance terhadap jarak jangkau akan dibahas dengan hasil data pengujian dan teoretis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode teoretis dan eksperimen. Proses simulasi dengan software CFD merupakan langkah awal dalam metode teoretis. Desain 3 dimensi sayap pesawat akan digunakan sebagai model untuk didapatkan nilai koefisien lift (CL) dan koefisien drag (CD) dengan digunakan nya 3 variasi kecepatan terbang yaitu 15 m/s, 19,4444 m/s dan 25 m/s. Data nilai CL dan CD, selanjutnya akan dilakukan perhitungan untuk didapatkan nilai endurance dan jarak jangkau secara perhitungan. Metode eksperimen atau pengujian pada penelitian ini, akan digunakan 3 variasi kecepatan terbang yang sama dengan variasi kecepatan simulasi. Selama pengujian, pesawat terbang dengan ketinggian 50 m dan terbang dengan radius putaran sebesar 50 m pada fase cruise. Hasil yang diperoleh dari penelitian dijelaskan bahwa, nilai endurance secara teoretis dihasilkan pada kecepatan 15 m/s sebesar 639,39 s, pada kecepatan 19,4444 m/s endurance yang dihasilkan sebesar 376,92 s dan endurance yang dihasilkan pada kecepatan 25 m/s sebesar 231,48 s. Hubungan pengaruh kecepatan terhadap endurance dijelaskan bahwa, ketika kecepatan bernilai rendah maka endurance yang dihasilkan bernilai besar dan hubungan pengaruh endurance terhadap jarak jangkau dijelaskan bahwa, semakin tinggi endurance yang dihasilkan maka nilai jarak jangkau yang dihasilkan bernilai besar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 20 Oct 2020 07:12
Last Modified: 14 Dec 2021 06:23
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

View Item View Item